Dakwah Dan Ekonomi Media Strategi Radio Bhasa FM Situbondo dalam Menyinergikan Dakwah dan Komersialisasi Media.

Supriyono, Edy (2019) Dakwah Dan Ekonomi Media Strategi Radio Bhasa FM Situbondo dalam Menyinergikan Dakwah dan Komersialisasi Media. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edy Supriyono_0829115009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Dakwah, Ekonomi Media, Strategi dan Sinergitas Pengelolaan radio secara umum tidak banyak yang memiliki ketertarikan menggarap secara berimbang antara sisi dakwah dan komersial sebuah media. Biasanya, mereka lebih memilih salah satunya. Ada yang memilih bergerak sebagai radio komersial saja tanpa menggarap dengan maksimal fungsi dakwah. Ada juga yang hanya bergerak dalam dakwah saja tanpa memikirkan bagaimana bisa meraih keuntungan dari kegiatan mengelola sebuah radio dengan profesional. Langkah mensinergikan radio sebagai media dakwah dan media komersial dilakukan Radio Bhasa FM Situbondo. Radio yang beralamat di Jalan Anggrek ini sukses menggarap dua fungsi radio tersebut dengan berimbang. Terkait dengan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi dan mengapa Radio Bhasa FM Situbondo menyinergikan dakwah dan komersialisasi media? Serta bagaimana kendala dan solusi Radio Bhasa FM Situbondo dalam mensinergikan dakwah dan ekonomi media? Dari penelitian ini, peneliti berharap mampu mendiskripsikan strategi dan alasan-alasan Radio Bhasa FM dalam menyinergikan dakwah dan komersialisasi media. Termasuk juga kendala dan solusi dalam melakukan sinergitas dakwah dan ekonomi media. Manfaat penelitian ini secara teoritis akan menambah khasanah keilmuan tentang pengelolaan radio dalam mensinergikan kepentingan dakwah maupun ekonomi. Mengembangkan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam, bidang kajian media dakwah dan ekonomi media, khususnya radio. Mengembangkan modelmodel media dakwah maupun media ekonomi melalui radio di masa mendatang. Sedangkan manfaat praktis, sebagai bahan masukan bagi lembaga pendidikan, lembaga dakwah dalam menyusun strategi media terkait pelaksanaan dakwah di radio. Memberikan pemahaman yang tepat kepada pihak-pihak terkait dalam memahami peranan media radio dalam pencapaian tujuan dakwah maupun tujuan komersial. Sebagai salah satu jalan menemukan strategi alternatif dalam berdakwah dengan radio. Menjadi bahan bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan karier di industri media radio. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berjenis diskriptif. Dengan Metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumenter. Untuk keabsahan data, peneliti menerapkan teknik pemeriksaaan. Ada beberapa strategi yang dilakukan Bhasa FM dalam mensinergikan kepentingan dakwah dan komersialisasi media. Yakni, menyeimbangkan program dakwah dan hiburan, selektif memilih iklan, selektif menerima karyawan. PT Radio Bhasa FM merasa penting melakukan penyinergian, agar kepentingan dakwah maupun komersial media sama sama berjalan. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v Ada beberapa kendala menyinergikan dakwah dan komersialisasi media di Bhasa FM Situbondo. Yakni terjadinya penurunan omset perusahaan, pengiklan kian terbatas, kesejahteraan karyawan stagnan. Untuk mengatasi keadaan tersebut, PT Radio Bhasa FM berusaha untuk memanfaatkan seluruh sumber pendapatan, menyesuaikan target perusahaan, mencari karyawan militan, kreatif dan inovatif, mandiri penuhi biaya operasional serta menyuplai biaya operasional. Radio Bhasa FM Situbondo melakukan sinergitas dakwah dan komersialisasi media dengan cara menyajikan secara berimbang konten-konten dakwah dan non dakwah dalam program acara yang disiarkan. Sehingga, dua kepentingan itu bisa sama-sama berjalan beriringan. Radio Bhasa FM Situbondo melakukan sinergitas dakwah dan komersialisasi media karena Radio Bhasa FM ibaratnya adalah koin dengan dua mata sisi yang tak bisa terpisahkan, saling melengkapi. Dalam melaksanakan sinergitas dakwah dan komersialisasi media, Radio Bhasa FM juga mengalami sejumlah kendala. Namun, sudah ada langkahlangkah solutif yang ditempuh untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:19
Last Modified: 17 Mar 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item