Komunitas Islam Aboge : Kemunduran, Sistem Kalender, Kebudayaan Dan Sosial Keagamaan Di Desa Besuk Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo Tahun 2007-2017.

Sodiq, Muhammad Ja'far (2019) Komunitas Islam Aboge : Kemunduran, Sistem Kalender, Kebudayaan Dan Sosial Keagamaan Di Desa Besuk Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo Tahun 2007-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ja'far Sodiq_U20154010.pdf

Download (43MB)

Abstract

Di desa Besuk terdapat sebuah komunitas Islam yang masih mempertahankan budaya Jawa dan masih mempertahankan ajaran para pendahulunya, yaitu Komunitas Islam Aboge. Islam masuk ke tanah Jawa memang tidak merubah kebudayaan yang sudah melekat pada masyarkat Jawa, justru Islam memasukkan ajaran-ajaranya dalam budaya masyarakat Jawa. Sehingga Islam mampu memperluas ajarannya dan dapat diterima oleh masyarakat. Komunitas Islam Aboge adalah salah satu produk hasil dari pencampuran kebudayaan Jawa dengan Islam. Dari pemaparan diatas maka fokus penelitian yang dapat dirumuskan sebagai berikut : 1). Apa penyebab mundurnya Komunitas Islam Aboge di Desa Besuk Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo Tahun 2007-2017? 2). Bagaimana Proses sistem kalender Komunitas Islam Aboge di Desa Besuk Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo? 3). Kegiatan apa saja yang sudah dilakukan baik yang berhubungan dengan aktivitas kebudayaan dan aktivitas sosial keagamaan dari tahun 2007-2017? 4). Bagaimana respons masyarakat sekitar terhadap adanya Komunitas Islam Aboge di Desa Besuk Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Sedangkan jenis penelitianya adalah deskriptif. Menggunakan teori akulturasi dan Islam minoritas dengan pendekatan sejarah, karena penelitian yang saya lakukan adalah mengungkapkan bagaimana sejarah munculnya Komunitas Islam Aboge di tempat tersebut. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan/observasi, wawancara, dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1).Ada tiga penyebab diantaranya : Pindahnya kiyai yang diikuti, Memilih mengikuti pemerintah dan minimnya kesadaran. 2). Sistem kalender Aboge dijadikan sebagai patokan untuk memulai suatu kegiatan, pekerjaan yang sangat penting dan ibadah. 3). Aktivitas kebudayaan Komunitas Islam Aboge di desa Besuk antara lain : Kebudayaan maulid nabi, Kebudayaan percaya terhadap perhitungan Aboge dan Kebudayaan tidak memaki songkok haji. Sedangkan aktivitas sosial keagamaan antara lain : Mengutamakan ahlak dan Tidak membedakan tempat ibadah. 4). Terdapat dua respons masyarakat desa Besuk terhadap Komunitas Islam Aboge yaitu : respons positif dan respons negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:19
Last Modified: 17 Mar 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item