Kontribusi Kyai Sayyid As-Syaikh Al-Haj Muhammad Umar Bin Ahmad Ikrom Pada Perkembangan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember Tahun 1933-1982.

Jannah, Elok Wardatul (2020) Kontribusi Kyai Sayyid As-Syaikh Al-Haj Muhammad Umar Bin Ahmad Ikrom Pada Perkembangan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember Tahun 1933-1982. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Wardatul Jannah_U20154011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan pondok pesantren telah menjadi pembahasan yang menarik dalam sejarah Indonesia, adanya pondok pesantren di Indonesia jauh sebelum kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Pondok pesantren tua yang berdiri sebelum kemerdekaan salah satunya yaitu Pondok Pesantren Raudlatul Ulum yang berada di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Pondok pesantren ini termasuk pondok pesantren tertua di Jember, berdiri pada tahun 1912 M dan masih ada sampai saat ini. Adanya pondok pesantren ini tentu memiliki peran penting dalam proses kemerdekaan Indonesia dan memiliki peran penting dalam perkembangan Islam di Jember, lebih-lebih di Desa Sumberwringin. Dari pemaparan diatas maka fokus penelitian yang dapat dirumuskan sebagai berikut. 1). Bagaimana sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember pada tahun 1933- 1982? 2). Bagaimana perjuangan kyai Sayyid as-syaikh Al-Haj Muhammad Umar bi Ahmad Ikrom dalam mencetak generasi intelektual qurani yang berakhlaqul karimah? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan Heuristik dan kritik sumber (verifikasi), dengan mengumpulkan sumber-sumber yaitu sumber tulisan dan sumber lisan. Menggunakan teori Continuity and Change yaitu untuk mengamati dan menjelaskan perubahan yang terjadi dalam perkembangan Pondok Pesantren Ruadlatul Ulum. Terlihat dalam pendidikan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum yang tetap berlanjut dan terdapat perubahan di setiap tahunnya. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan/observasi, wawancara, dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Pondok Pesantren Raudlatul Ulum berdiri pada tahun 1912, berdirinya Pondok Pesantren Raudlatul Ulum dilatar belakangi oleh keprihatinan kyai Syukri terhadap minimnya pengetahuan agama Islam terutama dalam bidang al-quran. 2). Warisan ilmu dan tradisi yang telah dibangun oleh Kyai Umar telah melahirkan generasi-generasi penerus perjuangan yang benar-benar mampu diandalkan untuk melanjutkan misi ajaran beliau, misi ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah. Hingga saat ini meskipun Kyai Umar telah wafat, namun Pondok Pesantren Raudlatul Ulum masih tetap eksis dan berlangsung dengan pola kepengasuhan dilakukan secara kolektif oleh keluarga besar dari putraputri beliau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:21
Last Modified: 17 Mar 2023 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item