Spirit Surat Al-Ma’un Dalam Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan)

Mahbubah, Rif Atul (2019) Spirit Surat Al-Ma’un Dalam Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rif Atul Mahbubah_082142037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Surat Al-Ma’un merupakan sebuah surat yang mempunyai peran yang sangat penting bagi terbetuknya Muhammadiyah, karena dari surat inilah pendiri Muhammadiyah tergerak hatinya untuk mendirikan beberapa amal sosial diseluruh Indonesia. Begitu juga halnya pada salah satu lembaga milik Muhammadiyah, surat ini menjadi tonggak bagaimana memberdayakan anak yatim. Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan sangat peduli terhadap kehidupan anak yatim, bukan hanya itu, fakir miskin dan dhuafa juga mendapat perhatian yang serius dari Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana filosofi pengambilan surat Al-Ma’un sebagai spirit dalam pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan?, (2) Bagaimana Implementasi tafsir surat Al- Ma’un dalam pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan?. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan, dan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, bahwa filosofi pengambilan surat Al-Ma’un sebagai spirit dalam pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan adalah karena memang dari awal berdirinya Muhammadiyah surat tersebut menjadi rujukan bagi aksi sosial masyarakat Muhammadiyah, maka dari itu Panti Asuhan Muhammadiyah menjadikan surat Al- Ma’un sebagai penyemangat dalam memberdayakan anak yatim, bagaimana mendidik mereka dan apa akibat yang akan diterima bagi yang abai terhadap anak yatim. Kedua, bahwa implementasi tafsir surat Al-Ma’un dalam pemberdayaan anak yatim adalah: dengan mendirikan Panti Asuhan untuk menampung anak-anak terlantar dan anak yatim. Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan meringankan beban-beban anak yatim, baik dari segi ekonomi, pendidikan dengan cara menggratiskan biaya hidup mereka, termasuk juga biaya pendidikan. Dalam hal pola asuhan juga termasuk dalam praktek dari surat Al-Ma’un, sehingga anak yatim yang ada di Panti Asuhan Muhammadiyah merasa sama dengan kebanyakan anak yang lain yang keluarganya masih lengkap. Pengurus panti ingin agar anak asuh semua sukses sehingga nantinya akan menjadi penerus bangsa dan juga penerus bagi amal-amal usaha Muhammadiyah yang lain. Kata kunci: Spirit, Surat Al-Ma’un, Pemberdayaan Anak Yatim, Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:23
Last Modified: 17 Mar 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item