Pemaknaan Dzikir dan Shalawat, dan Motivasi Mantan Preman mengikuti Majelis Dzikir dan Shalawat Al-Waly Kraksaan Probolinggo.

Ana, Irfa (2019) Pemaknaan Dzikir dan Shalawat, dan Motivasi Mantan Preman mengikuti Majelis Dzikir dan Shalawat Al-Waly Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irfa Ana_082142002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Majelis Dzikir dan shalawat Al-Waly Kraksaan Probolinggo adalah sebuah lembaga kegiatan dakwah islam dalam bentuk kegiatan majelis dzikir dan shalawat upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta wujud upaya kecintaan kepada habibana Muhammad SAW. Keunikan dari majelis ini ialah latar belakang jama’ah yang berbeda-beda yang merubah kehidupannya menjadi lebih baik, khusunya latar belakang dari kalangan mantan preman. Fokus masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemaknaan dzikir dan shaawat didalam Al-Quran menurut mantan preman?, 2) Apa Motivasi mantan preman mengikuti majelis dzikir dan shalawat al waly? Tujuan untuk mengetahui untuk mengetahui motivasi mantan preman terhadap majelis dzikir dan shalawat al waly, dan perspektif mantan preman terhadap majelis dzikir dan shalawat al waly kraksaan Probolinggo. Untuk mengindetifikasi permasalah tersebut pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptih-kualitatif yang menggabungkan antara research (penelitian pustaka) dan field research (penelitian lapangan). penentuan subyek peneliti secara Purposive Sampling, tehnik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumenter. Analisis data, Reduksi Pengumpulan Data, Penyajian Data, Kesimpulan. Keabsahan Data menggunakan Trianggulasi. Adapaun hasil penelitian skripsi ini ialah mantan preman memahami bahwa dengan bershalawat maka ibadah akan mudah sampai kepada Allah, dan hal tersebut juga diyakini akan merubah kehidupan menjadi lebih baik. Perubahan yang ada dalam kehidupan mantan preman itu karena menjadikan QS. Surat Ar’d dasar dalam berhijrah, mantan preman yakin bahwa tidak akan ada yang bisa merubah kehidupannya kecuali dirinya sendiri, maka dari situlah mantan preman mampu berubah dirinya. Akan tetapi, hal tersebut juga melalui beberapa motivasi, baik motivasi dari dirinya sendiri, maupun motivasi dari orang lain yang bisa membuat mantan berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:23
Last Modified: 17 Mar 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item View Item