Madu sebagai Obat dalam Al-Qur’an

Zaenab, Siti (2019) Madu sebagai Obat dalam Al-Qur’an. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Zaenab_U20151012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madu merupakan pemanis alami yang pertama dikenal dalam sejarah manusia, dan mengandalkan madu sebagai pemanis utama mereka, sebelum mereka mengenal ada pemanis lain seperti gula. Walau berbagai manfaatnya belum diketahui seperti saat ini. Sejak dahulu madu sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia termasuk sebagai obat berbagai macam penyakit. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Tinjauan Umum tentang madu sebagai obat, 2) Bagaimana wawasan Al-qur’an tentang Madu sebagai obat? Adapun Tujuan ini adalah: 1) Menjelaskan Tinjauan Umum tentang madu sebagai obat 2) Menjelaskan wawasan Al-qur’an tentang Madu sebagai obat. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pertama, peneliti akan mengungkapkan pemaknaan madu secara umum dan juga terdapat pendapat para ilmuan, dan macam-macam kandungan dalam madu. Kedua, memaparkan wawasan Al-Qur’an mengenai madu. Adapun jenis penelitian ini adalah Library Research dengan metode maudhu’i dan teknik pengumpulan data adalah dengan menganalisis berbagai macam informasi- informasi dari berbagai literatur baik dari sumber primer maupun dari sumber sekunder, sedangkan metode analisa data menggunakan Content Analysis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Madu adalah cairan manis yang berasal dari nektar tumbuhan yang diproses oleh lebah pekerja menjadi madu dan disimpan dalam sel-sel sarang lebah sebagai sumber karbohidrat. Di Indonesia, jenis lebah yang paling banyak menghasilkan madu adalah lebah lokal (Apis cerana), lebah liar (Apis dorsata) dan lebah Eropa (Apis mellifera). 2) Nash yang telah menerangkan tentang madu yang di dalamya terdapat obat penyembuh bagi manusia. Madu ini sudah diteliti baik oleh mufassir maupun ilmuan non muslim, dan ternyata memang benar bahwa salah satu fungsi madu ini untuk menyembuhkan penyakit. Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi yang lain. Kata kunci: Obat Madu dan Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:24
Last Modified: 17 Mar 2023 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item