Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Kecamatan Jombang Kabupaten Jember.

Umam, Mahrus Zainul (2019) Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahrus Zainul Umam_084 931 7032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Akhlaq dan Kenakalan Siswa Dalam era milenial, salah satu tantangan bagi dunia pendidikan adalah menyeimbangkan aspek-aspek yang penting seperti : jasmani maupun rohani, duniawi maupun ukhrawi. Dalam konteks ini sudah barang tentu pendidikan keagamaan dan khususnya pendidikan akhlaq adalah hal yang sangat penting, sebab dalam bentuk proses pendidikan yang bagaimanapun, akhlaq adalah penentu berhasil tidaknya suatu pendidikan yang diselenggarakan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?, 2) Apa faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?, 3) Bagaimana Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengkaji bentuk-bentuk kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. 2) Untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. 3) Untuk Mengeksplorasi Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Yang dimaksud penelitian kualitatif adalah sesuatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sebagai objek penelitian.. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumenter. Proses analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi tiga komponen- komponen: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan waktu. Ada tiga tahapan pokok dalam penelitian kami yaitu: pertama, tahap pra lapangan yaitu orientasi yang meliputi kegiatan penentuan fokus penyesuaian paradigma dengan teori dan disiplin ilmu. Kedua, tahap kegiatan lapangan, pada tahap ini meliputi pengumpulan data-data yang terkait dengan fokus penelitian, Ketiga, tahap analisis data meliputi kegiatan mengelola dan mengorganisir data yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan penafsiran data sesuai dengan konteks permasalahan yang diteliti. Kesimpulan tesis ini bahwa upaya guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MAN 3 Jember adalah Prefentif yaitu mencegah kenakalan terjadi, misalnya kenakalan yang ringan seperti membolos, terlambat, menyontek, ramai di kelas. Represif mennghalangi timbulnya peristiwa kenakalan yang lebih hebat dengan merazia barang yang dibawa siswa, misalnya kenakalan merokok dan berkelahi. Kuratif dan Rehabilitas yakni memperbaiki individu yang melakukan perbuatan nakal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:24
Last Modified: 17 Mar 2023 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item