Metode Turjuman Al-Qur’an Dalam Pemahaman makna ayatayat al-Qur’an di SMP Al-Furqon Jember.

Bahri, Moh (2019) Metode Turjuman Al-Qur’an Dalam Pemahaman makna ayatayat al-Qur’an di SMP Al-Furqon Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Bahri_082132058.pdf

Download (6MB)

Abstract

Diantara kewajiban orang muslim adalah mempelajari makna al-Qur’an. Adapun memahami makna al-Qur’an bagi orang arab memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan orang non arab. Maka dari itu harus ada satu metode yang secara khusus menjelaskan makna perkata dan perkalimat serta dilengkapi dengan beberapa aspek pembahasan yang berkaitan dengan al-Qur’an. Adapun salah satu metode yang diyakini oleh masyarakat akan keefektivitasannya adalah metode turjuman Al-Qur’an. Dan objek penelitian yang dipilih oleh penulis adalah SMP al-Furqon jember, karena hanya di smp al-furqon jember satu-satunya lembaga pendidikan formal yang mengajarkan metode tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode turjuman dalam pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pemahaman peserta didik terhadap turjuman alQur’an Serta untuk mengetahui faktor yang memperngaruhi pelaksanaan dan mengetahui solusi yang ada. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode turjuman al-Qur’an dalam pemahaman makna ayat-ayat al-Qur’an di SMP alFurqon Jember (2) apa saja kekurangan dan kelebihan metode turjuman alQur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator al-Qur’an, guru al-Qur’an SMP AlFurqan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode turjuman dalam pemahaman dibagi enam: 1) Alokasi waktu kelas turjuman al-Qur’an yang dilaksanakan dua kali pertemuan dalam sepekan. 2) Pembagian kelompok turjuman al-Qur’an. 3) Tatap Muka dan Tatap Muka 2 menghafal arti per kata per kalimat dn intisari. 4) Pengaruh Metode Turjuman dalam Kekhusyu’an Ibadah Sholat. 5) Indikator Keberhasilan metode turjuman terhadap pemahaman dan hafalan Al-Qur’an. 6) Adapun kelebihan dan kekurangan metode turjuman adalah: 1) kelebihannya, metode ini disusun secara sistematis, mufrodat yang sering ditemui pada Al-Qur’an, Irama yang memudahkan untuk dihafal, Senantiasa melakukan inovasi. 2) kekurangannya, Tidak ada dasar bahasa arab yang disajikan, Kurangnya melibatkan siswa dalam mengambil intisari, bukan untuk menafsirkan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:25
Last Modified: 17 Mar 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item