Problematika Pendidikan Ahlak dan Upaya Mengatasinya Studi Kasus Di Madrasah Aliyah AL-Badri Kotok Gumuksari Kalisat Kabupaten Jember.

Musleh, Mohammad (2019) Problematika Pendidikan Ahlak dan Upaya Mengatasinya Studi Kasus Di Madrasah Aliyah AL-Badri Kotok Gumuksari Kalisat Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Musleh_0849316016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika Pendidikan Ahlak dan Upaya mengatasinya. Madrasah Aliyah AL-Badri merupakan lembaga yang memiliki perbedaan dengan sekolah atau Madrasah pada umumnya karena: 1) semenjak pertama kali di dirikan Madrasah Aliyah AL-Badri atas dasar dukungan dan kebutuhan masyarakat dan dilakukan dengan jalan istihoroh. 2) lembaga Madrasah Aliyah AL-Badri ini berdiri di bawah naugan pesantren sehingga kurikulumnyapun banyak mengadopsi dari pesantren seperti: mata pelajaran aqidah ahklah, asawaja, al-qur’an al-hadist, inilah yang menjadi corak tersendiri di lemabag sekolah atau madrasah Aliyah AL-Badri. Sementara fokus penelitian ini ada dua yaitu: 1) Bagaimana problematika pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Badri. 2) Bagaimana upaya yang ditempuh oleh Madrasah untuk mengatasi problematika pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Badri. Tujuan dalam peneltian ini ada dua yaitu: 1) Mendeskripsikan Problematika pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Badri. 2) Mendeskripsikan upaya pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Badri serta tindakan yang ditempuh madrasah untuk mengatasi problematika pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Badri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian di temukan beberapa problematika pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah AL-Badri yaitu : 1) mengkonsumsi minuman keras 2) menerima gambar dan tulisan yang tak senonoh 3) sikap guru yang tidak disiplin 4) sikap guru yang berperilaku buruk. Sedangkan upaya yang di lakukan untuk mengatasi problematika pendidikan akhlak di Madarasah Aliyah AL-Badri ada beberapa upaya yang menjadi keunikan Madarasah Aliyah Al-Badri yaitu: 1) kegiatan pembacaan kitab kuning yang membahas tentang akhlak 2) kegiatan keagamaan yang mencakup sholat dhuha bersama, istigosah bersama, rutinitas sholawat bersama. 3) kegiatan ektrakurikuler yang di laksanakan setiap satu minggu satu kali di antaranya kegiatan Tartil Al-Qur’an, pembelajaran kitab kuning, marching band, kepramukaan, pelatihan pembuatan tata boga, palatiahan seni yang mencakup seni musik, seni tari, seni lukis, serta pelatihan pembuatan karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:25
Last Modified: 17 Mar 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item