Representasi Perempuan Muslimah dalam Film Ayat Ayat Cinta: Resepsi dan Reinterpretasi Aktifis Muslimah PKS Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Jember.

Hindawiyah, Nada (2018) Representasi Perempuan Muslimah dalam Film Ayat Ayat Cinta: Resepsi dan Reinterpretasi Aktifis Muslimah PKS Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nada Hindawiyah_0829116001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Representasi, Resepsi dan Reinterpretasi Penelitian ini berangkat dari fenomena media dalam mengkonstruksi realitas. Realitas yang ditampilkan oleh media dinilai sebagai kebenaran sesungguhnya oleh khalayak, padahal fakta yang ditampilkan media bukan kebenaran tunggal. Sebagaimana realitas tentang pemahaman perempuan muslimah dalam film religi, lantas bagaimana kalangan aktivis perempuan muslimah meresepsi dan mereinterpretasi sosok perempuan muslimah menjadi satu topik menarik untuk dikupas, khususnya pandangan dari aktivis muslimah PKS, Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah di Kabupetan Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana representasi perempuan muslimah yang digambarkan dalam film Ayat Ayat Cinta, mendeskripsikan bagaimana perempuan dari kalangan PKS, Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah merepresentasi dan merekonstruksi pemahaman terhadap perempuan muslimah dalam film Ayat Ayat Cinta, serta mendeskripsikan struktur pemikiran aktivis PKS, Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah dalam menggambarkan sosok perempuan muslimah yang direpresentasikan dalam film Ayat Ayat Cinta. Penelitian ini memberikan hasil bahwa representasi perempuan muslimah yang ditampilkan dalam film Ayat Ayat Cinta memiliki satu karakter yang sama yakni menjaga harga diri. Adapun cara berpakaian beragam, namun dalam satu koridor menutup aurat dari ujung kaki hingga ujung kepala kecuali muka dan kedua telapak tangan. Dalam meresepsi dan mereinterpretasi sosok perempuan muslimah, bagi aktivis muslimah PKS, Fatayat, dan Nasyiatul Aisyiyah memiliki sudut pandang pemahaman masing-masing namun secara garis besar sosok perempuan muslimah yang ditampilkan dalam film Ayat Ayat Cinta mewakili muslimah ideal. Adapun struktur pemikiran yang melandasi aktivis muslimah PKS, Fatayat dan Nasyiatul Aisyiyah dalam memahami sosok perempuan muslimah lebih dominan dipengaruhi oleh berbagai faktor dari luar film tersebut, seperti faktor keluarga, lingkungan dan organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:25
Last Modified: 17 Mar 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item