Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Azhar Muncar Banyuwangi.

Abror, Nainul (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Azhar Muncar Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nainul Abror_0849 315 014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius Indonesia adalah Negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia. Namun demikian, sebagai pemeluk muslim terbesar di dunia, perilaku sebagian masyarakat belum mencerminkan sebagai masyarakat yang agamis. Hal tersebut ditandai dengan beberapa catatan tentang perilaku negatif masyarakat, seperti maraknya seks bebas baik dikalangan anak remaja atau usia dewasa, perederan narkoba yang tidak mengenal umur, tawuran pelajar, perederan film pornografi dan berbagai perilaku negatif lainnya. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan karakter terutama pendidikan karakter religius yang tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan tetapi menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pendidikan karakter religius di SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi yang meliputi perencanaan program, pengawalan dan evaluasi. Dari analisis tersebut akan ditemukan hasil teori pendidikan karakter religius yang meliputi jenis, strategi, dan implikasi pendidikan karakter religius di SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian berupa deskriptif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi berupaya menanamkan karakter religius terhadap siswa dan siswi di sekolah melalui berbagai program keagamaan. Perencanaan pendidikan karakter religius di SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi menggunakan pendekatan formal dan pendekatan budaya sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi dengan menggunakan prinsip seven E’s sebagai dasar pelaksanaan pendidikan karakter. Evalusi penanaman pendidikan karakter religius di SMP Al Azhar Muncar melibatkan semua komponen-komponen yang ada di sekolah baik dari unsur kepala sekolah, guru, staff dan siswa. Secara kasat mata, pendidikan karakter religius di SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi telah berimplikasi pada sikap dan tutur kata siswa. Dalam keseharian, siswa telah terbiasa mengaji dan shalat serta berdoa. Dengan demikian, sekolah mampu mendidik karakter siswa terutama karakter religius yang erat kaitannya dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:25
Last Modified: 17 Mar 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20359

Actions (login required)

View Item View Item