Konstruksi Kurikulum Berbasis Gender (Studi Peran PSGA dalam Mewujudkan Pengarustamaan Gender di UINSA Surabaya). Program studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

Mahmud, Nanik (2018) Konstruksi Kurikulum Berbasis Gender (Studi Peran PSGA dalam Mewujudkan Pengarustamaan Gender di UINSA Surabaya). Program studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nanik Mahmuda_0849315011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci : Konstruksi Kurikulum, Gender. Sejak diterbitkannya instruksi presiden nomer 9 tahun 2000, setiap lembaga pemerintah wajib melaksanakan pengarustamaan gender dalam segala bidang. Tanpa terkecuali UINSA Surabaya, sebagai lembaga pendidikan pemerintah dibawah naungan Kementerian Agama. UINSA adalah salah satu PTKIN di Jawa Timur yang menerapkan kurikulum berbasis gender sebagai wujud pengerustamaan gender dalam bidang pendidikan dan penguatan akademik. Program kurikulum berbasis gender di UINSA mendapatkan apresiasi dan menarik perhatian KPPPA dan SILE. Dimana program tersebut tidak lepas dari peran PSGA sebagai lembaga struktural yang fokus pada program kesetaraan gender di UINSA Surabaya. Disamping itu, kurikulum berbasis gender di UINSA menjadi salah satu bagian dari gender policy atau peraturan rektor yang telah ditetapkan. Penelitian ini membahas tentang studi peran PSGA dalam konstruksi kurikulum berbasis gender yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian-bagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: 1). Bagaimana upaya PSGA dalam konstruksi kurikulum berbasis gender di UINSA Surabaya? 2) Bagaimana konstruksi kurikulum berbasis gender yang dilakukan oleh PSGA dalam perspektif dosen dan mahasiswa di UINSA Surabaya? 3) Apa saja kendala PSGA dalam konstruksi kurikulum berbasis gender di UINSA Surabaya? Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan ini menunjukkan bahwa PSGA dalam konstruksi kurikulum berbasis gender meliputi usaha PSGA dalam pengembangan kurikulum berbasis gender yaitu dengan mengadakan workshop-workshop kurikulum gender bekerjasama dengan beberapa pihak terkait yaitu KPPPA dan SILE. Disamping itu usaha pengembangan kurikulum gender di UINSA dilakukan dengan menggunakan pendekatan integrated curriculum dan separated curriculum. Hal ini dapat dilihat dari pemetaan mata kuliah yang dilakukan oleh UINSA yang terdiri dari mata kuliah gender secara mandiri dan mata kuliah terintegrasi gender. Selanjutnya UINSA Surabaya telah melakukan perubahan penyusunan bahan ajar yang berbasis gender yaitu penyusunan RPS yang eksplisit gender.Konstruksi kurikulum berbasis gender dalam perspektif dosen di UINSA Surabaya, menunjukkan bahwa kurikulum gender tersebut sudah terealisasi pada beberapa fakultas dan prodi tertentu yang sesuai dengan disiplin keilmuan tertentu. Perubahan RPS berbasis gender masih dilaksanakan oleh sebagian dosen yang pernah mengikuti workshop kurikulum gender dan mereka yang sensitif gender. Sedangkan dalam perspektif mahasiswa kurikulum gender di UINSA menjadi tema yang menarik untuk dipelajari dalam mata kuliah tertentu. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam konstruksi kurikulum gender di UINSA Surabaya yaitu masih terdapat sebagian dosen yang menolak terhadap konsep kesetaraan gender dan sebagian lagi terdapat dosen yang tidak mau melakukan perubahan pada penyusunan bahan ajar berbasis gender meskipun pada kenyataannya mereka memahaminya. Selain itu keterbatasan dana juga menjadi kendala bagi PSGA untuk melakukan sosialisasi kurikulum gender secara komprehensif dan totalitas mengingat jumlah dosen di UINSA yang sangat banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:25
Last Modified: 17 Mar 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item