Lathifah, Nurul (2017) Kepemimpinan Pengasuh Sebagai Instructional Leader Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Lathifah_0849114032.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepemimpinan pengasuh, Instructional Leader, Mutu Pendidikan, Pondok Pesantren. Perkembangan pendidikan Islam Indonesia, pesantren dikenal dengan pendidikan islam tertua. Lembaga ini lahir dan berkembang karena tuntutan dan kebutuhan zaman. Hal ini dapat dilihat dari perjalanan sejarah, dimana pesantren terbentuk atas kesadaran akan kewajiban dakwah Islamiyah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kaderkader ulama atau da’i. Pesantren jika disandingkan dengan lembaga pendidikan yang pernah muncul di Indonesia, merupakan sistem pendidikan tertua saat ini yang dianggap sebagai produk budaya Indonesia yang indigenious. Pendidikan ini semula merupakan pendidikan agama Islam yang dimulai sejak munculnya masyarakat Islam di nusantara pada abad ke 13. Beberapa abad kemudian penyelenggaraan pendidikan. Ini semakin teratur dengan munculnya tempat-tempat pengajian (“enggon ngaji”). Bentuk ini kemudian berkembang dengan pendirian tempat-tempat menginap agar para pelajar (santri), yang kemudian disebut pesantren. Pesantren masa kini semakin melakukan perbaikan diberabagi aspek, seperti kepemimpinan, manajemen dan mutu pembelajaran, seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana Usaha Pengasuh Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang, (2) Bagaimana Usaha Pengasuh Menciptakan Interaksi Yang Harmonis Antara Ustad Dan Santri didalam Kelas di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang, (3) Bagaimana Inisiatif Pengasuh Pesantren Dalam Mengembangkan Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat Fenomenologis yang dilakukan di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang.. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode, diskusi sejawat.Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan Kepemimpinan Pendidikan Pengasuh Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang, yaitu (1). Usaha Pengasuh Pessntren Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang. Pertama, Memberikan pemahaman akan pentingnya tafaqquh fiddin. Kedua, Memberikan motivasi kepada para santri. Ketiga, Memberikan pengarahan dan pembinaan (kepada asatid) akan pentingnya menuntut ilmu pengetahuan (kepada santri). Keempat, Bentuk pengawasan dilakukan selama 24 jam. Kelima, Menanamkan rasa memilki anatra satu santri dan santri yang terhadap keberdaan pondok pesanntren. (2). Usaha Pengasuh Menciptakan Interaksi Yang Harmunis Antara Ustad Dan Santri didalam Kelas di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang. Pertama, Menanamkan Rasa ikhlas dan sabar dalam mengajar di dalam hati para asatidz dan asatidzah. Kedua, Melakukan interaksi dengan santri secara totalitas. Ketiga, Memunculkan sikap keterbukan bagi para asatid agar para santri tidak canggung dalam berkomunikasi. Keempat, Mengajarkan akan pentingnya kesopanan dan kesantunan. Kelima, Menganggap para santri sebagai bagian keluaga para pendidik (ustad/ustadza) sendiri. (3). Inisiatif Pengasuh Pesantren Dalam Mengembangkan Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang. Petama, Inisiatif Dalam Mengembangkan Kirikulum Pondok Pesantren Miftahul Midad Dilakukan Sesuai Dengan Kemampuan Para Santri. Kedua, Bentuk Inisiatif Dalam Mengembangkan Kirikulum Pondok Pesantren Miftahul Midad Berkaitan Dengan Pengembangan Diri Atau Santri Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Seperti: (a) Kaligrafi, (b) Tartil, ((c) Tahfidzul Qur’an (d) Qosidah. Selain itu Pondok Pesantren Mifathul Midad juga membukan sekolah formal yaitu Madrsah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:26 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20361 |
Actions (login required)
View Item |