Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Lestari, Riskiah Fitra (2020) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riskiah Fitra Lestari_0849317043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius, Kecerdasan Spiritual Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan kecerdasan emosional dan spiritual akan menciptakan budaya religius baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat. Agar terciptanya budaya religius yang baik harus ada kerjasama antara orang tua, lembaga sekolah, masyarakat, dan anak didik. Karena dengan kerjasama yang baik maka akan tercipta kecerdasan emosional dan spiritual yang baik yang akan membawa peserta didik tersebut menjadi manusia yang paripurna. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya maka permasalahan yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Adakah pengaruh budaya religius terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budaya religius terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh budaya religius terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budaya religius terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (Penelitian Lapangan) karena dalam penelitian ini peneliti langsung terjun ke lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Pendidikan Agama Islam (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,049 atau 4,886% terhadap Kecerdasan spiritual (Y). Secara parsial variabel Budaya religius (X2) memberikan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,347 atau 34,673% terhadap Kecerdasan spiritual (Y). Secara simultan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan hubungan yang kuat antara variabel Pendidikan Agama Islam dan budaya religius terhadap kecerdasan spiritual dengan kontribusi pengaruh sebesar 39,560% terhadap kecerdasan spiritual (Y).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:26
Last Modified: 17 Mar 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20363

Actions (login required)

View Item View Item