Konsep I’dad dalam Pandangan Partai Keadilan Sejahtera; Studi Living Qur’an Pergerakan Partai Keadilan Sejahtera di Jember.

Muhammad, Ruhul (2019) Konsep I’dad dalam Pandangan Partai Keadilan Sejahtera; Studi Living Qur’an Pergerakan Partai Keadilan Sejahtera di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ruhul Muhammad_082142081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perintah i’dad lil quwwah persiapan menyusun kekuatan yang terkandung dalam surat al-Anfaal ayat 60 merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam. Untuk melakukan kewajiban itu, umat Islam dari zaman ke zaman berbeda dalam mengaplikasikannya. Hal itu terjadi karena perbedaan yang terus bermunculan yang disebabkan oleh waktu, tempat, dan kondisi yang berbeda. Salah satunya ialah apa yang diaplikasikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Indonesia yang dikemas dalam konsep i’dad. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman para aktivis Partai Keadilan Sejahtera yang berada di Jember terhadap ayat i’dad ? 2) Bagaimana cara mereka mentransformasikan pamahaman i’dad tersebut ke dalam platform dan keorganisasiannya? 3) Bagaimana relevansinya dengan konteks sosio-politik di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pemahaman para aktivis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terhadap ayat i’dad, cara pengaktualisasiannya, dan relevansinya dengan konteks sosio politik di Indonesia. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang terjadi dalam agenada-agenda PKS di Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, ikut serta dalam agenda kegiatan dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penafsiran ayat i’dad oleh para aktivis PKS bahwa i’dad (persiapan) yang seharusnya dilakukan di Indonesia adalah pemenangan pemilu oleh umat Islam dan menguasai badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam negara. 2) Cara mengaplikasikan i’dad yaitu dengan kegiatan liga tarbiyah, mabit, dan mukhayyam. 3) Upaya merelevansikan konsep i’dad dengan konteks sosio-politik Indonesia yaitu dengan ikut serta menjadi bagian entitas negara demokrasi dengan membentuk partai politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:26
Last Modified: 17 Mar 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item