Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Jainab, Siti (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI JAINAB_T20191225.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Siti Jainab, 2022: “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Model Pembelajaran Inside Outside Circle
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna. Salah satu inovasi model pembelajaran PAI yang diterapkan di SMP Negeri 1 Singojuruh yakni model pembelajaran Inside Outside Circle yang memiliki peranan signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, sebab model ini menerapkan langkah untuk siswa lebih aktif.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas VIII di SMP Negeri 1 Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan pembelajaran meliputi lima aspek utama yaitu: a) Guru menentukan tujuan model pembelajaran Inside Outside Circle dan tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran, c) Guru memilih sumber belajar melalui buku dan media pembelajaran dengan powerpoint, d) Guru menetapkan model pembelajaran Inside Outside Circle, e) Guru menetapan penilaian observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda. (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu: a) Guru membuka pelajaran yang diawali dengan salam, membaca doa, memberikan semangat, motivasi, arahan dan apersepsi, b) Guru menyampaikan materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran melalui media powerpoint, c) Guru menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle sesuai dengan langkah-langkah model, d) Guru menutup pelajaran dengan refleksi materi, merangkum, ditutup dengan doa dan salam. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan guru melalui observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda menunjukkan hasil yang sempurna dan seluruh siswa mendapat nilai diatas Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Siti Jainab
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:36
Last Modified: 17 Mar 2023 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item