Implementasi Pendidikan Seksualitas Anak melalui Pembelajaran Fikih di MI Assunniyyah 45 Kencong-Jember dan MIMA 34 Hasyim Asy’ari Ambulu-Jember.

Faruq, Dukan Jauhari (2019) Implementasi Pendidikan Seksualitas Anak melalui Pembelajaran Fikih di MI Assunniyyah 45 Kencong-Jember dan MIMA 34 Hasyim Asy’ari Ambulu-Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dukan Jauhari Faruq_0849416010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Seksualitas Anak, Pembelajaran Fikih Implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih merupakan salah satu cara untuk mengenalkan tentang seksualitas kepada anak sejak dini. Hal ini bisa dilakukan pada beberapa materi fikih yang terdapat materi seksualitas, seperti bab haidh dan khitan, masalah aurat, dan batasan baligh. Fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih bab Thaharah?; (2) Bagaimana implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih bab shalat?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih (1) bab Thaharah; (2) bab Shalat. Teori Pendidikan seksualitas dalam bab thaharah dan bab shalat merupakan salah satu teori yang dikemukakan oleh Ayip Syarifuddin dan Nurul Chomaria tentang pelaksanaan pendidikan seksualitas kepada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs, karena dilakukan di dua lembaga pendidikan yakni MI 45 AsSunniyyah Kencong Jember dan MIMA 34 Hasyim Asy’ari Ambulu Jember. Teknik subjek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil data dilakukan dua tahapan, pertama; analisis data dalam situs yang menggunakan teknik interactive model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi data collection, data condensation, data display, dan conclusion: drawing/verification. Kedua ; Analisis data lintas situs, yaitu memadukan dan membandingkan temuan-temuan yang dihasilkan dari seluruh situs. Teknik uji kesahihan dan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi dan member check. Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih bab thaharah adalah melalui: (a) materi haidh, khitan, dan batasan-batasan baligh; (b) metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan bercerita dengan menghadirkan salah satu siswa untuk maju; (c) media yang dipilih adalah papan tulis; (2) Implementasi pendidikan seksualitas anak melalui pembelajaran fikih bab shalat adalah melalui: (a) materi tentang aurat dan perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam shalat; (b) metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi; (c) media yang dipilih adalah alat visual tiga dimensi yang berupa benda tirun seperti boneka barbie dan benda asli yang berupa siswa/siswi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:26
Last Modified: 17 Mar 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item