Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs Satu Atap Asshiddiqi Di Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi

Nadif, Ahmad (2019) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs Satu Atap Asshiddiqi Di Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Nadif_0849115019.pdf

Download (20MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Leader, Kinerja Guru Kepala Madrasah sebagai seorang leader untuk para guru supaya senantiasa selalu menumbuhkan semangat dan motivasi agar para guru dan tenaga kependidikan lainnya dapat meningkatan kualitas kerja sehingga pencapaian kinerja yang semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai leader dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru di MTs SA Asshiddiqi; 2) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai leader dalam menyelesaikan masalah-masalah untuk peningkatan kinerja guru di MTs SA Asshiddiqi; 3) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai leader dalam membimbing guru untuk meningkatkan kinerjanya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan informan menggunakan snowball. Analisis data penelitian dengan tiga komponen analisis: data reduction, data display dan conclusion drawing yang saling berinteraksi. Pada proses verifikasi sering melangkah kembali pada tahap reduksi data, sehingga triangulasi selalu inheren dalam proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a. Peran kepala madrasah sebagai leader dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru di MTs SA Asshiddiqi yaitu 1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru di MTs SA Asshiddiqi yaitu demokratis, menumbuhkan suasana keterbukaan dalam menjalin komunikasi, memotivasi guru secara individual atau personal, menanamkan rasa tanggung jawab, melakukan inovasi dalam penunjang pembelajaran yang menyenangkan, mengedepankan musyawarah, dan selalu menanamkan niat ikhlas, bertanggung jawab, tidak saling iri dalam menjalankan tugas sebagai panutan siswa di madrasah; 2) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam menyelesaikan masalah-masalah untuk peningkatan kinerja guru di MTs SA Asshiddiqi yaitu selalu menghimbau untuk menjaga kekompakan, mencari terobosan atau inovasi positif untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, pendekatan emosional dan persuasif, mengedepankan musyawarah, memperkuat kerjasama antar guru; 3) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam membimbing guru untuk meningkatkan kinerjanya yaitu membimbing dan terbuka kepada guru dalam penerapan penilaian kinerja pada kepemimpinan kepala madrasah dan kepala madrasah melalukan penilaian PKG (Penilaian Kinerja Guru) untuk mengetahui level penilaian terhadap prestasi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item