Peran Kepala Madrasasah Sebagai Supervisor akademik Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri Jember.

Novitarini, Ita (2019) Peran Kepala Madrasasah Sebagai Supervisor akademik Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ita Novitarini_0849116024.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Madrasasah Sebagai Supervisor, Mutu Pendidikan Kepala sekolah sebagai supervisor artinya kepala sekolah berfungsi sebagai pengawas, pengendali, pembina, pengarah, dan pemberi contoh kepada guru dan karyawannya di sekolah. Salah satu hal yang terpenting bagi kepala sekolah, sebagai supervisor adalah memahami tugas dan kedudukan karyawankaryawannya atau staf di sekolah yang dipimpinnya. Dengan demikian, kepala sekolah bukan hanya mengawasi dan guru yang melaksanakan kegiatan, tetapi Ia membekali diri dengan pengetahuan dan pemahamannya tentang tugas dan fungsi stafnya, agar pengawasan dan pembinaan berjalan dengan baik dan tidak membingungkan. Kepala sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam kemampuan menyusun, dan melaksanakan program supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam penyusunan program untuk mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Qodiri Jember? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam Pelaksanaan program untuk mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Qodiri Jember? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam penyusunan evaluasi dan tindak lanjut untuk mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Qodiri Jember? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan di MTs Al Qodiri Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purpusive. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode, diskusi sejawat dan member chek. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al Qodiri Jember yaitu: (1) kepala sekolah sebagai supervisor; pertama, Melakukan Penyusunan program supervise, kedua, Melibatkan guru dalam penyusunan supervis, ketiga, Penyusunan supervisi dilakukan di awal tahun (2) Pelaksanakan supervisi akademik kepala madrasah menggunakan beberapa teknik. Diantaranya, pertama. Pendekatan secara personal, kedua, teknik kunjungan kelas, teknik rapat rutin dan ketiga, melakukan supervisi, Pertemuan secara langsung atau rapat rutin (3)Evaluasi dan tindak lanjut ada 2 (dua) macam, yaitu: pertama, Kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap perngkat pembelajaran di MTs Al Qodiri Jember, kedua, Menentukan Standar Pengawasan, ketiga, Melakukan evaluaasi terhadap guru, keempat, Kepala sekolah menginstruksikan kepada guru untuk terus memperbaiki RPP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item