Implementasi Program Tindak Lanjut Penilaian Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Ilyassiqin, M. Fajar Rochmad (2019) Implementasi Program Tindak Lanjut Penilaian Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Fajar Rochmad Ilyassiqin_0849316036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Program Tindak Lanjut Penialian Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Ketuntasan belajar merupakan capaian minimal dari kompetensi setiap muatan mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik dalam kurun waktu belajar tertentu. Ketuntasan belajar ini yang menjadi acuan oleh pendidik untuk mengetahui kompetensi yang sudah dikuasai atau belum dikuasi peserta didik. Hal inilah yang yang sudah dilakukan di SMP Negeri 1 Silo Jember dalam menerapkan program tindak lanjut penilaian hasil ketuntasan belajar. Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang penetapan KKM, pelaksanaan program remedial, dan pelaksanaan program pengayaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Silo Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penetapan KKM, Pelaksanaan program remedial dan program pengayaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis case study. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teori yang dikemukakan oleh Jhon W. Creswell yaitu proses atau aktifitas dalam analisa data yang meliputi pengumpulan data, mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, men coding data, menghubungkan deskripsi-deskripsi, dan menginterpretasi atau memaknai data. Keabsahana data untuk uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Implementasi penetapan kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo menggunakan Tiga aspek yaitu karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan daya dukung. Langkah-langkah yang digunakan pertama menghitung materi pokok serta kompetensi dasar dalam setiap semester. Menggunakan penilaian angka 1 sampai 3, dari nilai yang didapat kemudian dibagi nilai maksimal keseluruhan dan dikalikan 100, maka akan muncul nilai KD. Dari nilai KD keseluruhan kemudian dirata-rata, hasilnya akan muncul hasil akhir yang akan menjadi nilai KKM mata pelajaran. (2) Implementasi pembelajaran remedial program tindak lanjut penilaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo menggunakan beberapa langkah yaitu (a) menelaah kembali permasalahan setiap individu, (b) memilih tindakan yang akan digunakan, (c) melaksanakan kegiatan remedial dengan cara tempuh pembelajaran secara individual, kelompok, pembelajaran ulang, serta tutor sebaya. penilaian akhir pemberian soal tes yang lebih sederhana. Model pelaksanaan diluar jam sekolah. (3) Implementasi pembelajaran pengayaan program tindak lanjut penilaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Silo menggunakan pendekatan belajar kelompok, mandiri dan tutor sebaya, Prosedur pelaksanaan (a) melakukan analisis penilaian bagi siswa memiliki kemampuan lebih. (b) menentukan jenis pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:28
Last Modified: 17 Mar 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20390

Actions (login required)

View Item View Item