Pengelolaan Pantai Syariah dan Upaya Pengembangan Halal Tourism di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus Wisata Pantai Syariah Pulau Santen Banyuwangi).

Ardzani, M. Khanif (2020) Pengelolaan Pantai Syariah dan Upaya Pengembangan Halal Tourism di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus Wisata Pantai Syariah Pulau Santen Banyuwangi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Khanif Ardzani_0839217017.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan, Pantai Syariah, Pengembangan, dan Halal Tourism Ekonomi Islam saat ini menjadi bagian penting dari ekonomi global. State of the Global Islamic Economy menyebutkan bahwa trend bisnis halal tidak hanya pada sektor perbankan saja tetapi juga terlihat pada enam bidang lain yang terus menunjukkan kemajuan. Dengan semakin meningkatnya perkembangan pariwisata dan semakin banyaknya wisatawan yang menikmati objek wisata di Indonesia, beberapa daerah mulai mengembangkan bisnis di sektor pariwisata. Salah satunya terdapat di Kabupaten Banyuwangi. Tingginya potensi pariwisata di Banyuwangi maka muncul suatu gagasan pendirian pariwisata halal berupa Pantai Syariah. Dengan munculnya gagasan pendirian Pantai Syariah diharapkan akan muncul industri-industri baru dalam upaya pengembangan halal tourism di Banyuwangi dan sektor-sektor yang lain terkait ekonomi Islam global. Penelitian ini memfokuskan untuk menjawab persoalan yang berkaitan dengan pengelolaan Pantai Syariah di Kabupaten Banyuwangi dan pegembangan halal tourism di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pantai Syariah di kabupaten Banyuwangi dan untuk mengetahui pegembangan halal tourism di Kabupaten Banyuwangi. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan memanfaatkan model purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi yang digunakan data yang diperoleh dapat mempunyai validalitas tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, kurang efektifnya pengelolaan Pantai Syariah disebabkan karena pemahaman tentang pariwisata halal dengan segala implikasinya yang terindikasi belum bisa diterima dan diterapkan. Kurangnya sumber daya manusia di bidang pariwisata halal, dan proses manajerial yang tidak dilaksanakan dengan baik. Kedua, belum optimalnya pengembangan pariwisata halal di kabupaten Banyuwangi, membutuhkan pengembangan model pariwisata halal di sektor lain. Tidak ada regulasi yang mengatur secara detail tentang pariwisata halal. Memperluas hubungan kelembagaan yang sama-sama memiliki porsi dalam upaya pengembangan pariwisata halal. Optimalisasi pariwisata halal agar memberikan kontribusi dan peran dalam pengembangan pariwisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:28
Last Modified: 17 Mar 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item