Sholehudin, Muhammad (2019) Implementasi Manajemen Kelas Di Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Sholehudin_0849116019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen, Kelas, Madrasah Manajemen kelas yang diterapkan bertujuan untuk mengelola kelas agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif. Dalam manajemen kelas guru sebagai pemeran utama yang menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar, guru hendaknya selalu memeperhatikan dan menciptakan suasana kondisi kelas yang kondusif, nyaman dan menyenangkan. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengelolaan pembelajaran di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari, (2) Bagaimana pengelolaan peserta didik di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari, (3) Bagaimana Pengelolaan sarana prasarana di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Pengelolaan pembelajaran di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari, (2) Mendeskripsikan pengelolaan peserta didik di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari, (3) Mendeskripsikan sarana prasarana di kelas pada Madrasah Aliyah Alamiriyah Blokagung Kecamatan Tegalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneleitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu : Data condensation, data display dan conclution drawing/ verification. Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan pembelajaran dilaksanakan oleh guru secara lengkap ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi: Perencanaan tujuan pembelajaran, Pengelolaan model pembelajaran, pengelolaan metode pembelajaran, Pengelolaan sumber belajarn dan pengelolaan evaluasi pembelajaran. 2) Pengelolaan peserta didik dilaksanakan dengan a) Pelayanan kesiswaan diimplementasikan dengan Klasifikasi siswa menurut kemampuan kognitif, Bimbingan bagi siswa yang menalami kesulitan belajar, Membuat program kesiswaan sesuai dengan bakat dan. minat siswa seperti kaligrafi, pidato. b) Pembinaan dan Pengawasan Kesiswaan dilaksanakan dengan penggunaan absensi fingerprint, penetapan tata tertib kelas, pembagian piket kelas, presensi kehadiran siswa pada tiap mata pelajaran, Pemberian teguran baik lisan maupun tulisan pada pelanggaran disiplin dan 3) Pengelolaan sarana prasarana dilaksanakan dengan a) Pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana diimplementasikan dengan perencanaan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana diimplenetasikan dengan mengadakan rapat dan menyusun Rencana Kegaiatan, melibatkan siswa dalam sarana prasarana, pengaturan temapat duduk siswa dan b) Pemanfataan media pembelajaran dilaksanakan dengan merencanakan dan menetapkan jadwal penggunaan setiap kelas, Pengunaan media pembelajaran seperti proyektor, komputer dan peralatan elektronik menggunakan petugas khusus sertapenggunaan laboratorium dijadwal sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:28 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20394 |
Actions (login required)
View Item |