Pelaksanaan Supervisi Klinis Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019

Utami, Dewi Nita (2019) Pelaksanaan Supervisi Klinis Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Nita Utami_0849116033.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelaksanaan Supervisi Klinis Supervisi klinis sangat penting karena supervisi klinis adalah suatu bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru secara sengaja yang dimulai dari pertemuan awal, observasi kelas, dan pertemuan akhir yang dianalisis secara cermat, teliti, dan obyektif untuk mendapatkan perubahan perilaku mengajar yang diharapkan. Fokus penelitian dalam tesis ini terbagi menjadi tiga, yaitu: 1) Bagaimana tahap pertemuan awal supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi?, 2) Bagaimana tahap observasi supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi?, dan 3) Bagaimana tahap umpan balik supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi?. Tujuan dalam tesis ini yaitu: 1) Mendeskripsikan tentang tahap pertemuan awal supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan tentang tahap observasi supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi, dan 3) Mendeskripsikan tentang tahap umpan balik supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles and Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian Pelaksanaan supervisi klinis di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi. Pertama, Menciptakan suasana yang akrab dan terbuka. Setelah suasana yang diinginkan tercapai, supervisor dan guru melakukan kajian ulang terhadap rencana pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Setelah itu barulah supervisor bersama guru memilih atau mengembangkan instrumen observasi yang akan digunakan pada saat observasi kelas. Setelah semuanya dirasa cukup, supervisor bersama guru menetapkan waktu observasi kelas. Kedua, Tahap selanjutnya yaitu sebelum melaksanakan observasi kelas, guru yang akan di supervisi di wajibkan mengisi format yang telah disediakan oleh supervisor, setelah itu baru lah supervisor masuk ke ruang kelas untuk melaksanakan observasi. Sebelum pelajaran dimulai, guru yang akan di supervisi memberi tahu kepada para siswa maksud kedatangan kepala sekolah selaku digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v supervisor di kelas, setelah itu kegiatan belajar mengajar berjalan seperti biasa. Sembari guru menjelaskan pelajaran, supervisor mengamati cara guru dalam menyampaikan pelajaran di kelas. Setelah kegiatan observasi kelas di rasa cukup, supervisor langsung melakukan tahap umpan balik supervisi klinis terhadap guru yang di supervisi. Ketiga, Dalam pertemuan balikan ini supervisor tidak hanya memberi masukan terkait pembelajaran di kelas saja, tetapi juga menanyakan perasaan guru terhadap pembelajaran yang dilakuakan, setelah itu supervisor bersama guru menganalisa hasil observasi kelas. Selanjutnya supervisor bersama guru menganalisa pencapaian tujuan pembelajaran. Setelah itu supervisor menetapkan aspek-aspek yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan keterampilan mengajar guru. Pada tahap ini supervisor langsung memberikan evaluasi secara berkala dan terprogram. Kegiatan evaluasi ini dilakukan satu bulan sekali atau 2-3 minggu sekali. Selain itu kegiatan evaluasi ini tidak hanya dilakukan secara langsung mengunjungi guru yang dievaluasi, tetapi juga melalui telpon saat diluar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:45
Last Modified: 17 Mar 2023 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20399

Actions (login required)

View Item View Item