Pengaruh Dana Syirkah Termporer, Kewajiban dan Ekuitas terhadap Profitabilitas pada Bank syariah di Indonesia.

Shodiqin, Dimas Herliandis (2017) Pengaruh Dana Syirkah Termporer, Kewajiban dan Ekuitas terhadap Profitabilitas pada Bank syariah di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dimas Herliandis Shodiqin_0839214006.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: dana syirkah temporer, kewajiban, ekuitas, profitabilitas, dan bank syariah. Dana Syirkah temporer merupakan bagian dari dana pihak ketiga dan berdasarkan pertumbuhan pembiayaan bank syariah yang lebih tinggi dibanding dengan konvensional, penelitian ini menambahkan variable lain yaitu kewajiban dan equitas.penambahan variable ini dikarenakan kewajiban dan ekuitas merupakan sumber dana yang dikelola untuk peningkatan asset yang sebagian besar terletak pada produk pendanaan syariah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama apakah berpengaruh dana syirkah temporer terhadap profitabilitas bank syariah. Kedua apakah berpengaruh keawajiban terhadap profitabilitas bank syariah. apakah berpengaruh ekuitas terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dana syirkah temporer, kewajiban dan ekuitas terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah bank syariah di Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah observasi penelitian 10 Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi dan sempel 10 bank syariah di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana syrikah temporer yang dihimpun dari pihak ketiga maka profitabilitas akan semakin rendah dikarenakan akan dana yang ada tidak terkelola dengan baik. Pengujian hipotesis satu dilihat dari koefisien beta (β) sebesar -0,266 dengan nilai ρ-value 0,024. Hipotesis satu terbukti diterima karena nilai ρ-value  atau 0,024 < 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan dana shirkah temporer berpengaruh signifikan Negatif terhadap Profitabilitas. kewajiban terhadap risiko pembiayaan ditunjukkan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,344 dengan nilai ρ-value 0,001. Karena nilai ρ-value <  atau 0,001 < 0,005, maka H2 diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan kewajiban berpengaruh signifikan Positif terhadap profitabilitas. ekuitas tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas dengan indikator ROA yang diterima oleh bank umum syariah. Pengujian pengaruh ekuitas terhadap profitabilitas ditunjukkan dengan koefisien beta (β) sebesar -0,193 dengan nilai ρ-value 0,409. Dengan nilai ρ-value >  atau 0,409 > 0,005.Tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.Hal ini mengartikan bahwa besar kecilnya ekuitas tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas dengan indikator ROA yang diterima oleh bank umum syariah.Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dana syirkah temporer dan kewajiban berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sedangkan ekuitas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:45
Last Modified: 17 Mar 2023 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20400

Actions (login required)

View Item View Item