Strategi Penyampaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berwawasan Ekologis Di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School Tahun 2019.

Mulloh, Mohammad Ni'am (2020) Strategi Penyampaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berwawasan Ekologis Di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Ni'am Mulloh_0849317035.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sekolah alam merupakan suatu lembaga pendidikan formal berbasis alam dengan lingkungan sebagai sumber belajar utama. Sekolah alam lahir sebagai gagasan segar dalam dunia pendidikan, yang mengembangkan kurikulum nasional melalui ide serta gagasan pendidikan berwawasan lingkungan hidup yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin pesat. SMP Alam BIS merupakan salah satu diantara sederet sekolah alam di Indonesia yang mengusung pembelajaran berbasis alam, sehinga perlu cara khusus yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada alam agar pesan/materi pembelajaran dapat terampaikan pada peserta didik dengan baik. Penelitian ini membahas tentang strategi penyampaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yang berfokus pada: penggunaan media pembelajaran, interaksi peserta didik dengan media pembelajaran, dan bentuk belajar mengajar di SMP Alam BIS. Tujuannya adalah untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran, menganalisis interaksi peserta didik dengan media pembelajaran dan menganalisis bentuk belajar mengajar yang dilakukan di SMP Alam BIS. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, guna menelaah proses dan memperoleh pengetahuan yang mendalam terkait strategi penyampaian pembelajaran di SMP Alam BIS yang berwawasan ekologis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan invorman guru PAI, Kepala Sekolah, WAKA kurikulum, WAKA humas, Petugas TU, Peserta didik dan warga sekitar sekolah. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bawasannya penggunaan media pembelajaran meliputi tiga jenis yaitu: 1) media manusia berupa guru dan peserta didik, 2) media teknologi berupa radio dan LCD, 3) media lingkungan berupa lingkungan alam, lingkungan buatan, lingkungan sosial dan lingkungan keluarga. Interaksi peserta didik dengan media pembelajran berupa media mampu menarik perhatian peserta didik, mampu merubah pola fikir, mampu merubah perilaku, mampu menggantikan peran sesuatu, dan adanya pertimbangan terhadap asek keberlanjutan. Sedangkan bentuk belajar mengajarnya berupa 1) struktur belajar yang dilakukan secara klasikal, berkelompok dan individu. Dengan menggunakan metode pembelajaran ralistik yaitu diamana peserta didik didorong untuk mengetahui realitas terlebih dahulu baru diperkenalkan dengan konsepnya secara teorits. 2) faktor internal yang berpengaruh berupa kondisi fisik maupun psikis peserta didik, motivasi dan minat belajarnya. Kemudian ketrampilan guru dalam menggunakan seni pembelajaran. 3) faktor eksternal berupa lingkungan alam, masyarakat dan keluarga. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Media, Ekologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:45
Last Modified: 17 Mar 2023 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20402

Actions (login required)

View Item View Item