Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi

Misbah, Muhammad (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Misbah_0849116026.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah,Iklim Sekolah, Mutu Pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah merupakan hal yang penting dan memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah jika ingin lembaga yang dipimpinnya mempunyai mutu yang baik harus melaksanakan fungsi serta perannya dan menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. Iklim sekolah yang notabenya adalah kondisi sekolah yang dibentuk bersama oleh individu-individu di sekolah harus tetap kondusif agar proses belajar mengajar tidak terganggu. Meski demikian, mutu pendidikan yang dicapai sering kali tidak sesuai dengan standar yang diinginkan oleh lembaga. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi?. (2) Apakah terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi?. (3) Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi. (2) Pengaruh iklim sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus arussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi. (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah expost facto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling sejumlah 233 siswa dari populasi 614.siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi ganda dengan rumus: Uji validitas menggunakan rumus produc moment ∑ (∑ )(∑ ) √{ ∑ (∑ ) }{ ∑ ( ∑ ) } Reliabilitas menggunakan rumus Koefisien Alfa (α) dari Cronbaach [ ( ) ][ ∑ ] Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan adalah positif dan signifikan, ditunjukkan dengan thitung > ttabel (8.585 > 1.652). Pengaruh iklim sekolah terhadap mutu pendidikan adalah positif dan signifikan, ditunjukan dengan ttabel > ttabel (9.553 > 1.652). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara simultan terhadap mutu pendidikan adalah positif dan signifikan dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (64.929 > 3,035).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20404

Actions (login required)

View Item View Item