Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII Sekolah Menengah Pertama Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso.

Faiziya, Robithotul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII Sekolah Menengah Pertama Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robithotul Faiziya_0849316012.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Gaya Belajar, Hasil Belajar Proses belajar siswa dipengaruhi oleh emosi. Apabila siswa merasa terpaksa dalam mengikuti suatu pembelajaran, siswa akan merasa kesulitan untuk menerima pelajaran atau materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, guru harus dapat menciptakan suasana yang kondusif dan membuat pelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Agar pembelajaran menyenangkan, perlu adanya perubahan cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju model pembelajaran yang inovatif melalui pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Rumusan masalah penelitian adalah: (1) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pelajaran PAI dan Budi Pekerti antara siswa yang mengikuti model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran konvensional?; (2) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pelajaran PAI dan Budi Pekerti antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik?; dan (3) apakah ada interaksi model pembelajaran SAVI dengan gaya belajar terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian berjumlah 173 siswa. Jumlah sampel penelitian yaitu 77 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan angket untuk gaya belajar dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua jalur (two way ANOVA) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pelajaran PAI dan Budi Pekerti antara siswa yang mengikuti model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa yang terdiri dari gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik; dan (3) ada interaksi model pembelajaran SAVI dengan gaya belajar terhadap hasil belajar Kesimpulan dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memberikan hasil belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran SAVI berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik lebih tinggi dari kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item