trategi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Jenggawah.

Agustin, Siti Zulfa (2018) trategi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Jenggawah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Zulfa Agustin _0849315036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pegelolaan pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Konteks penelitian ini adalah strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Jenggawah, terdapat beberapa komponen didalamnya diantaranya perencanaan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Jenggawah. Yang menjadi fokus penelitian adalah: 1) bagaimana perencanaan penggunaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Jenggawah?, 2) bagaimana pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik di SMP Negeri 02 Jenggawah? dan 3) bagaimana pengelolaan motivasional dan kontrol belajar peserta didik di SMP Negeri 02 Jenggawah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik dan pengelolaan motivasional dan kontrol belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis kualitatif deskrptif dengan menggunakan beberapa komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil temuan menunjukkan: Pertama, perencanaan penggunaan strategi pembelajaran di SMP Negeri 02 Jenggawah disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik bidang studi, contohnya dalam pengunaan strategi pembelajaran aktif, dalam materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW pendidik menggunakan strategi inkuiri, dengan cara memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari tahu tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW kemudian mempresentasikan kedepan kelas. Kedua, pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik, dilakukan dengan cara lebih menekankan kepada sebuah proses selama pembelajaran. Proses pembelajaran disini bisa dilihat salah satunya dari, keaktifan peserta didik didalam kelas selama mengikuti berlangsungnya proses pembelajaran atau dalam mengikuti permainan educative, maupun dalam melaksanakan ujian praktek. Selain itu juga menggunakan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diakhir tahun yaitu rapotan. Ketiga, pengelolaan motivasi dan kontrol belajar peserta didik dilakukan setiap saat baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Seperti contoh dalam pemberian motivasi, pendidik selalu berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan cara membuat pembelajaran yang sedang berlangsung menjadi bermakna bagi setiap peserta didik, salah satunya dengan cara melakukan sebuah permaianan educative dan melakukan tepuk semangat agar mereka bersemagat kembali dalam menjalankan proses pembelajaran. Atau dengan cara menceritakan kisah-kisah teladan, serta memberikan sebuah apresiasi kepada setiap peserta didik yang telah berhasil maupun yang belum berhasil dalam mengerjakan tugas sekolah, seperti sebuah pujian. Selain itu pendidik juga selalu melakukan pendekatan antar personal atau pendekatan kasih sayang kepada setiap peserta didik. Dalam kontrol belajar, pendidik selalu melakukan kontrol belajar baik ketika berada didalam kelas maupun diluar kelas. Kontrol belajar didalam kelas yang pendidik lakukan adalah dengan cara melalui pemberian tugas-tugas kepada peserta didik, sedangkan kontrol belajar diluar kelas dilakukan dengan cara melakukan kunjungan rumah setiap kali ada peserta didik yang tidak masuk selama tiga hari berturut-turut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item