Kemampuan Guru dalam Mengoperasikan Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Lumajang

Nurrohman, Hadi Husen (2020) Kemampuan Guru dalam Mengoperasikan Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hadi Husen Nurrohman_0849417005.pdf

Download (30MB)

Abstract

Kata Kunci : Aplikasi Raport Digital Mindset pada Kurikulum 2013 adalah besarnya muatan pendidikan karakter dalam kompetensi Inti. Pengintegrasian total pendidikan karakter tanpa mengubah aliran kurikulum yang digunakan sebelumya. Guru harus fokus dalam mengembangkan kreatifitas pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkannya. Kurikulum 2013 memadukan tiga konsep yang menyeimbangkan antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Adapun model penilaian berupa penilaian berbasis tes dan non tes, menilai proses dan output dengan menggunakan authentic assesment, yang selanjutnya diolah dalam rapor yang memuat penilaian kuantitatif tentang pengetahuan dan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan. Jumlah siswa yang banyak, deskripsi yang harus dimasukkan dalam raport terasa asing, sulit, dan mengejutkan bagi guru. Kemajuan ilmu dan teknologi modern, memacu para guru untuk memanfaatkannya dalam penilaian terutama dalam perhitungan nilai dan penulisan diskripsi raport. Suatu aplikasi yang dipergunakan dalam mengolah nilai pada penilaian hasil belajar siswa pada penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah yang diharapkan dapat membantu mempermudah kerja guru dalam menginput nilai nilai siswa yang hasilnya berupa angka angka yang diintegrasikan dengan deskripsi pada setiap mata pelajaran atau kompetensi yang diharapkan. Adapun aplikasi raport yang dimaksud adalah Aplikasi Raport Digital (ARD). Penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) merupakan bentuk dari pelaksanaan perintah yang tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tertanggal 29 Oktober 2018 yang menyebutkan bahwa ARD diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Latar Belakang masalah ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengoperasikan Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Lumajang, dan permasalahan permasalahan yang dihadapi guru dalam pengerjaannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang serta perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang digunakan ialah berbentuk penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lumajang. Pengambilan subjek penelitian sebagai sumber data atau informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ii Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Aplikasi Raport Digital merupakan suatu kemajuan madrasah terhadap dunia tehnologi digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi madrasah harus mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Aplikasi Raport Digital menjadi langkah terbaru dalam inovasi madrasah agar lembaga madrasah semakin kekinian, sehingga kedepan penilaian hasil belajar peserta didik yang tertuang dalam Aplikasi Raport Digital sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, sehingga dapat menjadikan madrasah yang hebat dan bermartabat. Tentunya terobosan ini untuk menjawab perkembangan internet yang semakin global, akses informasi digital bagi dunia pendidikan sangat terbuka. Tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item