Metode Pembelajaran Taḥsīn dan Taḥfīz Al-Qur‟an: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al Furqan Jember

Al Ayyubi, Hudzaifah (2018) Metode Pembelajaran Taḥsīn dan Taḥfīz Al-Qur‟an: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al Furqan Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hudzaifah Al Ayyubi_0849316028.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Al-Qur’an, Taḥsīn dan Taḥfīz, Metode Pembelajaran. Fakta masih banyaknya buta aksara Al-Qur‟an di Indonesia, selaras dengan masih perlunya memperbaiki bacaan murid-murid lulusan sekolah Islam. Demikian pula kwalitas hafalannya. Penerapan metode pembelajaran taḥsīn dan taḥfīz Al-Qur‟an, telah lama dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Al Furqan Jember. Namun belum pernah diteliti dengan objektif bagaimana kelebihan & kekurangan metode tersebut, serta solusi strategi agar menghasilkan bacaan dan hafalan peserta didik yang lebih baik lagi. Fokus penelitian pada kajian ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran taḥsīn dan taḥfīz Al-Qur‟an di SMP Al Furqan Jember? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pada metode tersebut? 3) Bagaimana solusi strategi untuk melengkapi kekurangan pada metode tersebut? Tujuan penelitian pada kajian ini adalah: 1) Mendeskripsikan gambaran umum metode pembelajaran Taḥsīn dan Taḥfīz Al-Qur‟an di SMP Al Furqan Jember. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis kelebihan dan kekurangan metode tersebut. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis solusi strategi untuk melengkapi kelebihan dan kekurangan pada metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan jenis studi kasus, dan dilaksanakan di SMP Al Furqan Jember. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini ialah: Kepala Sekolah SMP Al Furqan, Waka. Kurikulum, Korbid. Keagamaan, guru/ustadz, serta para peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data difokuskan dengan menggunakan teknik triangulasi antar sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) metode pembelajaran taḥsīn dan taḥfīz Al-Qur‟an yang digunakan SMP Al Furqan Jember adalah metode Ummi. 2) Kelebihan dan kekurangan metode tersebut terdiri dari tiga komponen pendidikan, yaitu: Sisi materi, Sisi strategi, dan Sisi manajemen. 3) Solusi strategi yang dapat diterapkan, di antaranya: Pertama, Sisi materi, senantiasa belajar dari metode yang lain dan meng-upgrade guru, serta memberikan jam tambahan bagi murid yang tertinggal target hafalan. Kedua, Sisi strategi, asatidz memberikan arahan motivasi ruhiyah bagi peserta didik, dan adanya waktu muroja‟ah antara selesai doa pembuka halaqoh dan sebelum menambah hafalan. Ketiga, Sisi manajemen, menjadikan tercapainya target hafalan peserta didik sebagai syarat pengambilan rapot, dan target hafalan dikontrol dengan Bagan Muroja‟ah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20415

Actions (login required)

View Item View Item