Upaya Ikatan Guru Raudhatul Athfal Pengembangan Kurikulum di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kristiani, Ifa (2015) Upaya Ikatan Guru Raudhatul Athfal Pengembangan Kurikulum di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifa Kristiani_0849113009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Organisasi Profesional Guru, Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Raudhatul Athfal Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) adalah organisasi profesi yang merupakan wadah pembinaan dan kerjasama antara Kepala dan Guru Raudhatul Athfal, Bustanul Athfal dan Tarbiyatul Athfal untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan pra sekolah/ usia dini di lingkunngan Kementrian Agama. Pengembangan kurikulum pada hakikatnya merupakan pengembangan komponen-komponen kurikulum yang membentuk system kurikulum itu sendiri, yaitu komponen tujuan, metode, peserta didik, pendidik, media, sumber belajar dan evaluasi. Kurikulum Raudhatul Athfal adalah seperangkat kegiatan belajar yang memberikan pengalaman langsung dalam rangka mengembangkan potensi anak didik yang dilandasi prinsip-prinsip pendidikan keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Ikatan Guru Raudhataul Athfal (IGRA) Kecamatan Sukorambi dalam upaya Pengembangan Kurikulum Raudhatul Athfal di Kecamatan Sukorambi Tahun pelajaran 2014/2015. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-studi kasus (case-studies), yaitu penelitian yang hanya menggambarkan apa adanya, tentang suatu variabel, gejala atau keadaan dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu dan dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; Perencanaan Program IGRA Kecamatan Sukorambi dalam pengembangan kurikulum dilaksanakan dalam forum Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pada awal periode kepengurusan. dengan mempertimbangkan tiga hal: Program igra periode sebelumnya yang belum terlaksana, program turunan dari IGRA Kabupaten Jember dan usulan dari anggota. Pelaksanaan Program IGRA Kecamatan Sukorambi dalam pengembangan kurikulum memisahkan antara program yang bersifat rutin dan tidak rutin. Program yang bersifat rutin dilaksanakan setiap bulan dengan menyatukan tiga program dalam satu aktifitas kegiatan. Program yang bersifat rutin adalah program pengembangan tema, program tindak lanjut penyusunan dokumen kurikulum (RKM menjadi RKH) dan program peer teaching. Sedangkan pelaksanaan program yang tidak rutin dilakukan dengan membentuk tim / panitia pelaksana kegiatan. Program tidak rutin adalah program study banding, program pelatihan cipta gerak tari, program pelatihan cipta lagu, lomba tahfidz dan pildacil (pilihan da’I cilik) , lomba mewarna dan lomba finger painting. Pelaksanaan program- digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi program yang tidak rutin diintegrasikan dengan pelaksanaan kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) atau peringatan lainnya seperti HAN (Hari Anak Nasional). Evaluasi Program IGRA Kecamatan Sukorambi dalam pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan memilah program berdasarkan waktu pelaksanaan. Program yang bersifat rutin dievaluasi setiap tahun di akhir tahun pelajaran. Sedangkan program yang bersifat tidak rutin dievaluasi setiap kali selesai satu program atau kegiatan. Aspek-aspek yang diukur dalam evaluasi program ini adalah ; aspek rutinitas, keaktifan anggota, ketuntasan pembahasan, efektifitas dan faktor penunjang dan penghambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item