Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Konsep Perkalian dan Pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01 Serut Panti Jember.

Irwniati, Ika (2018) Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Konsep Perkalian dan Pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01 Serut Panti Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IKA IRWANIYATI_0849416001.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemanfatan Media, Konsep Perkalian dan Pembagian. Pemanfaatan media dalam pembelajaran pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah perlu dilakukan oleh Guru. Khususnya pembelajaran konsep perkalian dan pembagian yang abstrak. Terlebih peserta didik Madrasah Ibtidaiyah yang berada pada tahap operasional konkrit. Kehadiran media pembelajaran dapat membantu Guru menghadirkan materi abstrak menjadi lebih kongkrit. Kebutuhan media semakin kuat dalam pelaksanaan kurikulum 2013, dimana proses mengamati menjadi bagian dari pembelajaran saintifik. Guru dituntut kreatif memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Kreatifitas guru ini terlihat pada Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01. Pemanfaatan media sebagian besar disiapkan oleh guru seperti gambar tabel perkalian, tangga satuan, tabel “Jokowi", gambar bangun ruang, dan garis bilangan, selain berbagai media jadi seperti buku, LKS, penggaris. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana persiapan pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01? (2) Bagaimana kegiatan pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01? (3) Bagaimana tindak lanjut pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Lokasi penelitian yakni Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01 Serut Panti Jember. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive . Analisis data menggunakan teknik interactive model Miles and Huberman meliputi data collection, data reduction, data display, dan conclusion : drawing/verification. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas melalui triangulasi dan member check. Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Persiapan pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01meliputi: (a) pemilihan media didasarkan pada tujuan dan materi pembelajaran, akses terhadap media, penguasaan penggunaan, serta kesesuaian denga taraf perkembangan peserta didik, (b) media diupayakan berasal dari keseharian peserta didik, sehingga peserta didik merasa bahwa materi yang dipelajari dekat dan bisa diterapkan dalam kesehariannya, (c) penyiapan instruksi peragaan media yang jelas oleh guru guna mengarahkan fokus peserta didik pada digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v proses pembelajaran yang berlangsung. (2) Kegiatan pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, meliputi: (a) tata letak media dan tempat duduk peserta didik yang diatur untuk memungkinkan akses seluruh peserta didik terhadap media dan interaksi antar peserta didik serta partisipasi aktif peserta didik, (b) media yang dimanfaatkan melibatkan peragaan dan partisipasi aktif peserta didik melalui pemilihan strategi dan metode yang tepat. (3) Tindak lanjut pemanfaatan media dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, meliputi: (a) Diskusi baik secara kelompok maupun klasikal guna penarikan kesimpulan, sehingga konsep yang terbentuk merupakan hasil discovery(penemuan kembali) peserta didik dari rangkaian pembelajaran yang dialami. (b) evaluasi dukungan media terhadap materi pembelajaran yang terintegrasi dalam rangkaian pembelajaran melalui instrumen evaluasi capaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item