Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Sains Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ningsih, Indri Wijayanti (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Sains Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDRI WIJAYANTI NINGSIH_0849417008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran, Literasi Sains Pembelajaran literasi sains merupakan pembelajaran yang didasarkan pada pengembangan kemampuan pengetahuan sains di berbagai sendi kehidupan, mencari solusi permasalahan, membuat keputusan, dan meningkatkan kualitas hidup. Pembelajaran literasi sains merupakan pembelajaran bersifat kontekstual sehingga langsung bersentuhan dengan kehidupan dan pengalaman nyata siswa, karena pada fase pengamatan siswa seyogyanya diberikan fenomena yang sesuai dengan konteks siswa untuk memberi kesempatan kepada siswa menghubungkan konsep materi di sekolah dengan kehidupannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan literasi sains peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum. Sebagian besar belum mampu menghubungkan antara teori dengan aplikasi dalam kehidupan nyata. Sains hanya dijadikan sebagai produk, menghafal konsep, teori dan hukum, akibatnya sains sebagai proses, aplikasi dan sikap tidak tersentuh. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih berpegang pada paradigma konvensional sehingga sangat berpotensi kehilangan daya konstektualisasi dan aplikasi ilmu dalam kehidupan nyata. Fokus penelitian adalah Bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember?, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember?, dan Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember?. Dengan tujuan penelitian, (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling, jenis penelitian menggunakan studi kasus, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kualitatif model data interaktif dari Matthew B. Milles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana, yaitu data collection, Data Condesation, Data Display, dan Drawing and Verifying Conclusions. Untuk mengukur kebenaran dan validitas data dengan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yaitu, Perencanaan pelaksanaan pembelajaran literasi sains adalah dengan penyediaan bahan bacaan bagi siswa yang merupakan kebijakan sekolah yang direalisasikan melalui penyediaan buku bacaan yang disesuaikan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v dengan sekolah sehat yakni buku-buku bacaan siswa yang banyak berhubungan dengan alam. Siswa diharapkan dapat berpikir mengenai pentingnya menjaga alam dan lingkungan setelah siswa sering membaca buku mengenai alam dan lingkungan. Kebiasaan membaca dapat membentuk dan atau merubah pola pikir siswa menjadi lebih mencintai alam beserta isinya. Pelaksanaan Pembelajaran literasi sains dilaksanakan dengan membaca buku bacaan, buku mata pelajaran atau buku pengayaan di perpustakaan yang sudah disediakan, memanfaatkan lahan lingkungan madrasah yang baik yaitu dengan membaca gambar atau lukisan mengenai rantai makanan, Penyediaan gambar atau lukisan mengenai rantai makanan tersebut dapat membantu dalam meningkatkan literasi sains karena dapat belajar untuk mengenali objek-objek sains dengan cara melihat langsung, bahwa setiap mahluk hidup saling membutuhkan, dan mengetahui perbedaan warna untuk mengetahui macam-macam sampah. Kegiatan evaluasi pelaksanaan pembelajaran literasi sains di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji dilakukan dengan evaluasi akhir dan evaluasi proses. Evaluasi akhir belum terlaksana karena program tersebut belum berjalan satu tahun pelajaran dan belum bisa memberikan gambaran dan penilaian hasil dari kegiatan tersebut. Sedangkan evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses yang berbentuk laporan secara lisan oleh guru kelas dan guru mata pelajaran kepada kepala madrasah melalui tim gerakan literasi sekolah, yang mana tindak lanjut dari program tersebut masih ditentukan melalui musyawarah antara pengurus literasi untuk memberikan tindak lanjut dari evaluasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20424

Actions (login required)

View Item View Item