Manajemen Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Taqwim 2018/2019

Masy'unah, Izzatul (2019) Manajemen Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Taqwim 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZATUL MASY’UNAH_0849117016.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata kunci ; Manajemen santri Manajemen santri ini di dalam istilah pendidikan termasuk dalam manajemen peserta didik, yaitu diartikan sebagai usaha pengaturan santri, mulai dari masuk sampai mereka lulus dari pondok pesantren. Keberhasilan sebuah pondok pesantren bisa dilihat melalui out put. Oleh karena itu, manajemen peserta didik atau santri yang baik sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan termasuk pengelolaan khusus untuk kualitas santri. Peneliti tertarik untuk meneliti di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo karena dalam setiap tahunnya pondok pesantren Nurul Jadid yang mampu menerapkan sistem yang sistematis dan terprogram sehingga output yang di hasilkan mempunyai kapabilitas dan kompetensi dalam berbagai bidang untuk dijadikan modal dalam mengabdi baik bagi agama atau tanah air dan bisa di terima di masyarakat luas. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerimaan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo? 2) Bagaimana proses pengelompokan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo? 3) Bagaimana pembinaan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo?. dan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses penerimaan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 2) Mendeskripsikan proses pengelompokan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 3) Mendeskripsikan pembinaan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. sedangkan manfaat penelitian ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Stephen J. Knezevich yaitu The identification, admission, registration, enrollment and clasification of school age children to another learner. The comprehension and development of the abilities, interests, and needs of individuals at various levels of maturity within thw school system. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian menggunakan jenis studi kasus Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi, penyajian data serta menggambarkan dan memverivikasi kesimpulan dan uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian serta triangulasi sumber dan metode. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) proses penerimaan santri melalui beberapa proses diantaranya memverivikasi data, mencetak formulir lalu berikrar, membayar daftar ulang, pengambilan seragam, cek kesehatan, sowan ke pengasuh dan diserahkan kepa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item