Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegraaan Dalam Kegiatan Pembiasaan Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 07 Tutul Balung Jember

Nafi'ah, Jamilatun (2018) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegraaan Dalam Kegiatan Pembiasaan Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 07 Tutul Balung Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JAMILATUN NAFI’AH_0849416004.pdf

Download (92MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan Kewarganegraan, Kegiatan Pembiasaan. Peserta didik ditingkat pendidikan dasar merupakan masa untuk di arahkan dan butuh keteladanan tentang nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan persatuan sebagaimana tercantum dalam nilai-nilai pancasila pada pendidikan kewarganegaraan. Tujuan dari internalisasi nantinya dapat menjadi pondasi bagi peserta didik dalam menjadi manusia yang lebih baik di masa depannya kelak. Fokus : 1) Bagaimana tranformasi nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam kegiatan pembiasaan peserta didik di MI Bustanul Ulum 07 Balung Jember? 2) Bagaimana transaksi nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kegiatan Pembiasaan Peserta Didik di MI Bustanul Ulum 07 Balung Jember ? 3) Bagaimana trans-internalisasi nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kegiatan Pembiasaan Peserta Didik di MI Bustanul Ulum 07 Balung Jember? Tujuan penelitian untuk mendeskribsikan: 1) Transformasi nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan. 2) Transaksi nilai - nilai Pendidikan Kewarganegaraan 3) Trans-Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kegiatan Pembiasaan Peserta Didik di MI Bustanul Ulum 07 Balung Jember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kelman tentang proses perubahan Sikap dalam Internalisasi, pada prosesnya Internlisasi memiliki tiga tahapan yakni tranformasi nilai dengan tekni persuasif teori Hovland, transaksi nilai dengan cara conditioning dan imitation teori Albert Bandura kemudian diperkuat pada langkah terakhir yakni trans internalisasi nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian fenomenologis. Teknik penentuan subjek penelitian dengan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Interaktif model Miles dan Huberman : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. keabsahan datanya dengan teknik trianggulasi dan member chek. Trianggulasi yang digunakan meliputi trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini : 1) transformasi nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan dalam kegiatan pembiaasaan di MI Bustanul Ulum 07 Tutul berupa bentuk perhatian terlebih dulu oleh guru, kemudian penyampaian nilai-nilai PPKn yang meliputi nilai kedisiplinan, cinta tanah air dan nilai musyawarah 2) transaksi nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan Dalam keiatan pembiasaan di MI Bustanul Ulum 07 Tutul berupa bentuk imitation yang di contohkan guru yakni penerapan disiplin, cinta tanah air dengan berbahasa Indonesia yang baik dan membiasakan siswa untuk bermusyawarah 3) trans internalisasi nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan dalam kegiatan pembiaasaan di MI Bustanul Ulum 07 Tutul berupa kepribadian yang guru tampilkan. Seperti, kedisiplinan yang guru terapkan di sekolah, cara berpenampilan, dan berinteraksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item