Kharisma, Khadiq (2018) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMP Islam Hubbul Qur’an Rambipuji Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
KHADIQ KHARISMA_084 911 4022.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru Kepala sekolah adalah seorang pendidik yang diberi tugas untuk memimpin sekolah. Orang yang paling bertanggung jawab terhadap terselenggaranya pendidikan berkualitas di sekolah. Kepala sekolah adalah motor penggerak utama bergeraknya semua kegiatan di sekolah. Melalui kemampuan konseptual yang dimilikinya mengembangkan sekolah. Melalui kemampuan sosial menggerakkan, mengayomi, dan memberi rasa nyaman pada orang-orang yang di bawah kepemimpinannya dan orang-orang diluar sekolah yang berkepentingan. Melalui kemampuan teknis mendiskusikan cara melakukan pekerjaan dengan para bawahannya. Dalam peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang standarisasi kepala sekolah/madrasah terdapat beberapa kompetensi yang harus dipenuhi kepala sekolah/madrasah. Kompetensi itu meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Dengan adanya standar tersebut diharapkan kepala sekolah mampu menjalankan perannya sebagai EMASLIME, yakni Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator dan Entrepreneur. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun perencanaan supevisi untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Islam Hubbul Quran Rambipuji, (2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan supervisi untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Islam Hubbul Quran Rambipuji, (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut supervisi untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Islam Hubbul Quran Rambipuji Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat study kasus yang dilakukan di SMP Islam Hubbul Qur’an Rambipuji Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Islam Hubbul Qur’an Rambipuji Jember yaitu: (1) Melakukan penyusunan supervisi, melibatkan guru dalam perencanaan supervisi, penyusunan program supervisi dilakukan diawal tahun. (2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan supervisi menggunakan beberapa teknik. Diantaranya, pertama pendekatan secara personal, kedua, Kunjungan kelas, ketiga,melakukan supervisi, keempat Rapat Rutin (2)Evaluasi dan tindak lanjut ada 4 macam, yaitu: pertama, Kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap perangkat pembelajaran di SMP Islam Hubbul Qur’an Jember, kedua, Menentukan Standar Pengawasan, ketiga, Melakukan evaluaasi terhadap guru, keempat, Kepala sekolah menginstruksikan kepada guru untuk terus memperbaiki RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:47 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20428 |
Actions (login required)
View Item |