Bentuk-Bentuk Internalisasi Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember

Kamaliah, Laillatul (2018) Bentuk-Bentuk Internalisasi Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILLATUL KAMALIAH_0849315032.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci :Karakter Religius, Kegiatan Ekstrakurikuler Konteks penelitian ini adalah: internalisasi karakter religius dalam sebuah lembaga bukanlah sebuah proses yang sederhana, untuk itu diperlukan adanya sebauah model pembelajaran dalam menginternalisasikannya. MA Annuriyyah dalam menginternalisasikan karakter religius tidak hanya mengandalkan proses belajar dikelas, tetapi juga melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang mana kegiatan ini berpusat pada siswa. Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana bentuk tadzkiroh dalam internalisasi karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember? 2) Bagaimana bentuk sitiqomah dalam internalisasi karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan internalisasi karakter religius menggunakan bentuk tadzkiroh melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan internalisasi karakter religius menggunakan bentuk istiqomah melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember Teori yang digunakan pada fokus pertama ialah bentuk tadzkiroh yang ditulis oleh Ahmad Zayadi dan Abdul Majid. Fokus kedua ialah teori istiqomah yang ditulis oleh B.S Wibowo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di MA Annuriyyah Rambipuji Jember. Subjek penelitian menggunakan purpossive. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat koponen yaitu : koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi data, sumber dan teknik atau metode. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Model tadzkiroh dalam internalisasi karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler di MA Annuriyyah Rambipuji Jembermeliputi: tunjuk teladan, yaitu tunjuk teladan di MA Annuriyyah menggunakan performance, ada dua perforformance yaitu sikap dan fisikly. Arahkan, yaitu, internalisasi karakter religius melalui arahan, MA Annuriiyyah menggunakan dua tahap yaitu tahap konseptual dan operasional. Dorongan, di MA Annuriyyah dorongan menggunakan dua macam, yaitu motivasi internal dan eksternal. Zakiyah, di MA Annuriyyah menggunakan empat cara, yaitu adanya pemantapan Aqidah, pembacaan juz amma, asmaul husna dan do’a sebelum pelajaran dengan bacaan rotibul haddad, serta do’a setelah pelajaran. Kontinuitas, di MA Annuriyyah menggunakan menggunakan dua pengkondisian yaitu, pengkonsian sarana dan personal. Ingatkan, di MA Annuiyyah menggunakan menggunakan dua pendekatan yaitu langsung (direct) dan tidak langsung (indirect). Repetisi di MA Annuriyyah menggunakan dua jenis pengulangan, yaitu pengulangan dalam bentuk intrakurikuler dan pengulangan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Organisasikan, di MA Annuriyyah dengan membentuk organisasi/team. Bentuk oraganisasi / team disini ada tiga, yaitu team dewan guru sudah terbentuk, team OSIS, dan team kepengurusan kelas. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi Kedua, Model istiqomah dalam internalisasi karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler di MA Ahnnuriyyah Rambipuji Jember meliputi: Imagination, di MA Annuriyyah menggunakan dua cara, yaitu konseptual dan operasional. Stundent center, hal ini di MA Annuriyyah dilakukan pada materi pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Technology, di MA Annuriyyah menggunakan tiga teknology, yaitu: technology modern technology tradisional, dan alami. Intervention, di MA Annuriyyah menggunakan dua cara, yaitu campur tangan dari walimurid dengan cara silaturrahmi dan campur tangan masyarakat serta walimurid melalui kegiatan ekstrakurikuler. Question, di MA Annuriyyah menggunakan empat jenis pertanyaan, yaitu pilihan ganda, uraian, pertanyaan dalam presentasi serta pertanya-pertanyaan yang ditulis dalam kertas. Aplication, di MA Annuriyyah ditunjukkan adanya kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler peringatan hari besar Islam khususnya kegiatan 10 Muharram.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:48
Last Modified: 17 Mar 2023 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item View Item