Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Kelas 4 Dalam Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Kencong Jember.

Husain, Muhammad (2021) Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Kelas 4 Dalam Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Husain_T20154057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain dalam proses pengubahan sikap atau tata laku. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan. Saat ini teknologi sangat diperlukan oleh pendidikan untuk memutus penyebaran virus covid-19. Salah satunya adalah MI Hasyim Asyari yang menggunakan pembelajaran e-learning seperti anjuran pemerintah. Fokus dalam penelelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong?. Kedua, Apa saja faktor pendukung implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong? Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong. (b) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong. (c) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembelajaran model E-learning sebagai pendukung pemebelajaran kelas 4 dalam menghadapi pandemi covid-19 di MI Hasyim Asyari Kencong. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif study kasus. Teknik penegumpulan data menggnakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model milles, huberman. Keabsahan data diuji dengan meggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (a)Implementasi pembelajaran e-learning secara daring di MI Hasyim Asyari Kencong- Jember semua guru menggunakan model pembelajaran e-learning secara daring sinkron (serempak) yaitu aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaranya. Hasil dari Implementasi pembelajaran e-learning secara daring di MI Hasyim Asyari Kencong - Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, berjalan dengan baik, terlihat dari nilai siswa kelas 4 tuntas. (b)Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran E-learning secara Daring di MI Hasyim Asyari Kencong - Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: (a) Alat komunikasi yang memadai; (b) Manajemen pendidikan yang baik; (c) SDM pada guru; dan (d) SDM pada siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran daring meliputi: (a) Koneksi internet; (b) Alat komunikasi yang kurang memadai; (c) Kemampuan siswa dalam mengoperasikan WhatsApp; (d) Orangtua gagap teknologi; dan (e) Kurangnya support belajar dari orangtua. Kunci: implementasi, pembelajaran e-learning, dan media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:49
Last Modified: 17 Mar 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item