Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Artikulasi di Kelas VIII MTs Al- Haromain Mojosari Puger Jember Tahun 2017/2018.

Davidson, Mr (2018) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Artikulasi di Kelas VIII MTs Al- Haromain Mojosari Puger Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Davidson_084138014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas pendidikan dan pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan pola yang bersistem dan bertujuan untuk memanusiakan manusia, serta mengajarinya untuk merencanakan dan mengatur masa depannya.Peserta didik menerima norma-norma yang berlaku di sekolah melalui pembelajaran yang dibimbing oleh guru. Salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam yang meliputi materi akidah, fiqih, qurdis dan sejarah kebudayaan islam. Di Madrasah Tsanawiyah Al- Haromain, khususnya pada kelas VIII, dalam pembelajaran SKI menggunakan metode Artikulasi yang mana bagi guru mata pelajaran tersebut dinilai lebih efektif, karena disamping siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran juga lebih kreatif untuk mengkritisi materi yang diajarakan. Hal ini dilakukan oleh guru karena pada dasarnya materi SKI tidak hanya dihafal akan tetapi lebih dijadikan ibrah/teladan bagi para siswa untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokuspenelitiandalamskripsiadalah (1) Bagaimana Pembelajaran SKI pada ranah kognitif di kelas VIII MTs Al-Haromain melalui metode artikulasi? (2) Bagaimana Pembelajaran SKI pada ranah Afektif di kelas VIII MTs Al-Haromain melalui metode artikulasi? (3) Bagaimana Pembelajaran SKI pada ranah psikomotorik di kelas VIII MTs Al-Haromain melalui metode artikulasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan pembelajaran SKI pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik melalui metode artikulasi di kelas VIII MTs Al-Haromain. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra penelitian lapangan, tahap penelitian lapangan dan tahap akhir penelitian lapangan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwasanya pembelajaran SKI melalui metode artikulasi di kelas VIII MTs Al-haromain sudah dilakukan semaksimal mungkin oleh guru SKI. Metode artikulasi digunakan pada materi SKI dinilai lebih efektif karena Penerapan metode artikulasi telah mampu meningkatkan kemampuan siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik.Hal ini dikarenakan pertama, guru bertindak sebagai fasilitator dan siswa lebih banyak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, kedua siswa di bagi dengan berapa kelompok, dalam hal ini kelompok besar dan kelompok kecil, sehingga siswa dengan sangat mudah memahami materi yang disamapaikan oleh guru yang berdampak pada kecakapan afektif kemudian mengorganisasi dan diaplikasikan dalam bentuk nyata oleh psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:49
Last Modified: 17 Mar 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item