Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Somatis Audio Visual Intelektual dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso.

Samsuri, Mr. (2019) Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Somatis Audio Visual Intelektual dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Samsuri_0849417018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran,Perbedaan Hasil belajar Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif, maka seorang guru harus menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dikelas yaitu model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel variabel yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Somatis, Audio, Visual, Intelektual( ) dan Model Pembelajaran Konvensional( ) pada mata pelajaran Tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 0 3 Bondowoso. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sedangkan jenis penelitian memakai Quasi Eksprimen,Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Teknk Cluster Sampling, adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Adapun kelas yang dijadikan kelas Eksprimen dan kelas Kontrol adalah kelas IIIA dan kelas III B, dalam menganalisis data yang dilakukan adalah Analisis Independent-Sampel t-test dengan bantuan softwer Statistik Pakkage for the Sciences (SPSS). Vesrsi 22. Hasil Analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Bondowoso antara kelas eksprimen yang menggunakan Model Pembelajaran Somatis Audio Visual Intelectual dan kelas Kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan perhitungan SPSS Windws versi 22 hasil Equal variances assumed sig 2 tailed, 000 lebih kecil dari < 0,05 sedangkan melalui perhitungan Microsoft Exel 2010 diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksprimen 85,25 kelas control 82,75 sehingga dapat di nyatakan terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:49
Last Modified: 17 Mar 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item