Fajriyah, Ms (2019) Analisis Strategi Bersaing Pedagang Di Pasar Tanjung Dalam Menarik Minat Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Fajriyah_083144117.pdf Download (1MB) |
Abstract
Setiap kegiatan pemasaran tidak luput dari yang namanya penerapan strategi. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi bersaing dagang. Para pedagang di pasar tradisional mempunyai pengetahuan lebih tentang para konsumen dan pesaingnya akan dapat mengembangkan strategi memasarkan (menjual) barang yang tepat untuk mempertahankan konsumennya dan menghadapi pesaingnya. Minat beli terhadap konsumen pun diperoleh dari suatu proses belajar dan proses pemikiran yang membentuk suatu presepsi. Fokus penelitian dalam sikripsi ini adalah: 1)Bagaimana praktek persaingan antar pedagang di pasar Tanjung ? 2)Bagaimana strategi bersaing para pedagang di Pasar Tanjung dalam menarik minat konsumen? 3)Bagaimana minat beli konsumen di Pasar Tanjung dalam memenuhi kebutuhan? Tujuan penelitian dalam sikripsi ini adalah: 1)Mendeskripsikan praktik persaingan antar para pedagang di pasar Tanjung. 2)Mendeskripsikan bagaimana strategi bersaing para pedangan di Pasar Tanjung dalam menarik minat konsumen. 3)Mendeskripsikan bagaimana minat beli konsumen di Pasar Tanjung dalam memenuhi kebutuhan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, Jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research (Studi Lapangan). Subjek penelitian yang dilaporkan menggunakan teknik Snowaoll Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan dedukasi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Praktek persaingan yang sering dilakukan para pedagang dipasar tanjung adalah dengan cara menawarkan barang dagangannya ketika konsumen melewati area penjual. Praktek persaingan kedua yang dilakukan oleh para pedagang di pasar tanjung adalah membebaskan konsumen memilih barang yang diminati yaitu dengan cara tawar menawar barang. 2)Strategi yang digunakan para pedagang sudah cukup efektif seperti yang dikemukakan para pedagang, yang cukup diminati oleh banyak konsumen yaitu produk barangnya yang bagus dan segar dari wujud fisik itulah konsumen dapat membedakan satu produk barang yang lain, dan bisa membedakan mana yang bagus dan buruk. Kedua para pedagang masih tetap dan akan selalu memberikan sistem tawar menawar dalam harga. Ketiga pendistribusian di dalam pasar Tanjung. Keempat Strategi promosi yang di lakukan oleh pedagang di pasar tanjung. 3)Pembeli atau konsumen harus pintar-pintar memilih barang yang sesuai dengan keinginannya sebelum membeli agar barangnya sesuai apa yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:49 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20446 |
Actions (login required)
View Item |