Upaya pembinaan Kemampuan Kognitif melalui media Puzzle pada anak Usia Dini Kelompok A di RA Salsabila Suco Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fitriyah, Ms (2019) Upaya pembinaan Kemampuan Kognitif melalui media Puzzle pada anak Usia Dini Kelompok A di RA Salsabila Suco Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Fitriyah_T201511048.pdf

Download (16MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan kognitif. Ketika anak-anak mulai mampu untuk berfikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menyebutkan angka 1-10 namun kemampuan kognitif yang digunakan sering kali tidak tepat. Bermain adalah karakteristik anak usia dini. Permainan media puzzle merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Pada Kelompok A di RA Salsabila Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan kognitifnya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya anak didik yang belum paham tentang pengenalan bentuk, warna, dan mengurutkan angka 1-10. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya pembinaan kemampuan kognitif melalui media puzzle pada kelompok A di RA Salsabila Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Apa faktor penghambat dan solusi kegitan melalui media puzzle dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok A di RA Salsabila Suco Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Upaya pembinaan kemampuan kognitif melalui media puzzle pada kelompok A di RA Salsabila Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi kegiatan media puzzle pada kelompok A di RA Salsabila Suco Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif dan Jenis penelitian pendekatan kualitatif serta lokasi penelitian ini di RA Salsabila Suco kebupaten Jember, Penentuan subjek Penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi non participant, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif Miles and Huberman data ,Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Upaya pembinaan kemampuan kognitif melalui media puzzle pada kelompok A di RA Salsabila Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui kegiatan bermain puzzle, a) guru mengenalkan perbedaaan berdasarkan ukuran lebih dari, dari kurang dari, b) mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran pola, c) mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya 2) Faktor penghambat dan solusi bermain media puzzle pada kelompok A di RA Salsabila Suco kabupaten Jember, yaitu: a) penggunaan media puzzle tidak sesuai dengan jumlah anak di dalam kelompok, b) media puzzle tidak bias digunakan untuk kelompok besar c) penggunaan bermain puzzle anak dominan ramai sendiri, d) pembinaan media puzzle membutuhkan waktu panjang dan lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item