Pengaruh Penggunan Autoplay Media Studio dan Focusky Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember

Ain, Muhammad (2018) Pengaruh Penggunan Autoplay Media Studio dan Focusky Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD AIN_0849316009.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pembelajaran, Autoplay Media Studio, Focusky, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Keberhasilan dalam proses pembelajaran menjadi indikator penting atas tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, media pembelajaran digunakan untuk menarik perhatian dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Inovasi dalam pembelajaran PAI sangat dibutuhkan, guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran tersebut yaitu dengan media pembelajaran autoplay media studio dan focusky. Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk menjelaskan perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. (2) Untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember (3) Untuk menjelaskan perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian Quasi experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Populasi berjumlah 185 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Manova dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi dengan nilai F sebesar 3,606 dengan signifikansi 0,031. (2) ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember dengan nilai F sebesar 3,913 dengan signifikansi 0,024. (3) ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran autoplay media studio, kelompok yang menggunakan media pembelajaran focusky dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember untuk Pillae Trace (sig. 0,010), Wilk Lambda (sig. 0,008), Hotelling Trace (sig. 0,007), Roy’s Largest Root (sig. 0,001). Artinya, untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

View Item View Item