Budaya Pesantren dalam Membentuk Perilaku Islami Santri (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura)

Faza, Najmi (2017) Budaya Pesantren dalam Membentuk Perilaku Islami Santri (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAJMI FAZA_0849115017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Budaya Pesantren, Perilaku Islami Santri. Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang bersifat tradisional. Pesantren dibentuk untuk memahami, mempelajari dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan menekankan pentingnya moral agama Islam sebagai pedoman hidup sehari-hari. Santri yang akan masuk ke pesantren tidak semuanya memiliki dasar agama yang baik terutama dalam berperilaku seharihari. TMI Al-Amien Prenduan adalah salah satu pesantren yang mengajarkan para santrinya untuk berperilaku Islami. Perilaku Islami di TMI Al-Amien Prenduan telah menjadi budaya yang biasa dilakukan oleh para santri. Berkaitan dengan ini, maka di tentukan fokus penelitian 1. Bagaimana budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami pada santri di TMI AlAmien Prenduan. 2. Bagaimana budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami santri terhadap kyai di TMI Al-Amien Prenduan dan 3. Bagaimana budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami santri terhadap santri di TMI Al-Amien Prenduan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami pada santri di TMI Al-Amien Prenduan., mendeskripsikan budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami santri terhadap kyai di TMI Al-Amien Prenduan dan untuk mendeskripsikan budaya pesantren dalam membentuk perilaku Islami santri terhadap santri di TMI Al-Amien Prenduan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obsevasi, interview dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa menggunakan metode deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan, 1. membentuk perilaku islami santri, di TMI Al-Amien Prenduan menggunakan tiga langkah melalui pengajaran, pembiasaan peraturan dan suri tauladan langsung dari kyai, 2. Budaya pesantren yang membentuk perilaku islami santri terhadap kyai di TMI Al-Amien Prenduan adalah dengan diajarkannya materi adab sopan santun kepada para santri dan pembiasaan keseharian di dalam pesantren yang tunduk dan patuh kepada kyai, 3. Budaya yang membentuk perilaku islami santri terhadap santri di TMI Al-Amien Prenduan adalah dengan budaya tolong menolong, budaya tersebut timbul karena kegiatankegiatan santri di TMI Al-Amien Prenduan dijalani bersama oleh para santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item