Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Life Skill dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kartini, Ms (2018) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Life Skill dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Kartini_084133098.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum yang di dalamnya disisipkan muatan lokal merupakan upaya pemerintah dalam memelihara kebudayaan nasional yang didukung oleh berbagai nilai kebudayaan daerah untuk mempertahankan jatidiri bangsa. Dengan adanya kurikulum muatan lokal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember menerapkan pelajaran muatan lokal life skill untuk mempersiapkan peserta didik yang tidak hanya dibekali dengan pengetahuan melainkan juga dibekali keterampilan agar peserta didiknya bisa mempunyai sikap mandiri. Adapun masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum muatan lokallife skill dalam membentuk kemandirian peserta didik dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaiamana evaluasi kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018 2) untuk mendeskrisikan pelaksanaan kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018 3) untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, keabasahan data meggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik meliputi membentuk tim perencanaan kurikulum, kalender akademik mengikuti dari DinasPendidikan, menyusun program tahunan, menyusun program semester menyusun pembagian tugas mengajar, menyusun jadwalpembelajaran, merencanakan tahun ajaran baru dan RPP. 2) pelaksanaan kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik sekolah yaitu membentuk tiga tim asesor akan tetapi khusus mata pelajaran muatan lokal life skill tidak di supervisi. Guru menyusun jadwal praktek kelompok muatan lokal life skill. 3) evaluasi kurikulum muatan lokal life skill dalam membentuk kemandirian peserta didik meliputi evaluasi aspek masukan (input), aspek proses dan aspek keluaran (output)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item