Pembangunan Ekonomi Pedesaan Melalui Pengelolaan Perkebunan Menjadi Agrowisata di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang.

Lutfiyah, Ms (2017) Pembangunan Ekonomi Pedesaan Melalui Pengelolaan Perkebunan Menjadi Agrowisata di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Lutfiyah_083 134 123.pdf

Download (56MB)

Abstract

Perekonomian adalah bagian dari kehidupan manusia, dan menjadi sumber dalam menjalani kehidupan. Pemerintah di negara Indonesia telah mencanangkan berbagai program pembangunan pedesaan. Beberapa masyarakat mulai menyadari dengan pentingnya sebuah perubahan, dengan memanfaatkan lahan perkebunan tersebut menjadi agrowisata. Salah satu tempat lahan perkebunan buah-buahan yang dimanfaatkan menjadi agrowisata adalah agrowisata Royal Family di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimanakah proses pengelolaan perkebunan menjadi agrowisata Royal Family di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimanakah peran agrowisata Royal Family dalam pembangunan ekonomi pedesaan di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang? Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan proses pengelolaan perkebunan menjadi agrowisata di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. 2) Mendeskripsikan peran agrowisata Royal Family dalam pembangunan ekonomi pedesaan di Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Metodelogi penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pengelolaan yang dilakukan adalah melakukan perubahan komoditas yang ditananm, perawatan tanaman (pemupukan pengairan dan lain-lain) dan penanaman tumbuhan yang cocok, sebagai tempat belajar dan wisata yang berbasis Agrowsata terbuka buatan 2) Peran Agrowisata Royal family dalam pembangunan ekonomi pedesaan adalah memberikan peluang pekerjaan, masyarakat diberikan kebebasaan untuk berjualan di dalam Agrowisata, memberikan penyuluhan, penularan ilmu melalui berbagai pelatihanpelatihan,tetapi dengan adanya agrowisata tidak dapat meningkatkan pendapatan para pekerja dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150605 Tourism Resource Appraisal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item