Kulzum, Putri Maja Mulia (2019) Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Bagi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
PUTRI MAJA MULIA KULZUM_0849415002.pdf Download (12MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Kelas rendah Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaranyang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan pembelajaran ini peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh hingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik, mereka akan dapat memahami konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkan. Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 ysng menjadi sekolah percontohan itu dibuktikan dengan mendapatkanya rangking satu lembaga kecamatan Banyuwangi Tryout kabupaten, dan tryout kelompok kerja kepala sekolah Berdasarkan konteks penelitian tersebut maka fokus penelitian adalah sebagai berikut:1) Bagaimana paradigma pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi.2) Bagaimana proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi.3) Bagaimana model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut:1)Mendeskripsikan paradigma pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi.2) Mendeskripsikan proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi.3) Mendeskripsikan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Singotrunan Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan teori dari Jacob dan Fogarty dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan komponen-komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan peneliti menunjukkan bahwa:1)Menggunakan paradigma integratif instruction (pembelajaran terpadu) yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek mata pelajaran menjadi terintegrasi sehingga siswa secara aktif dapat memperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan yang utuh, holistik, autentik dan bermakna.2)diawali dengan pembuatan RPP bersamaan dengan tim mereka yaitu guru kelas lainya,pelaksanaan nya dimulai dari kegiatan pembuka,kegiatan inti,dan kegiatan penutup yg disesuaikan dengan rpp,evaluasi menggunakan penilaian sikap,penilaian materi,penilaian portofolio.3)Model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas rendah yang digunakan adalah model pembelajaran jari laba-laba yakni dimulai dengan menentukan tema yang telah ditetapkan lalu setelah disepakati, dikembangkan sub-sub temanya dengan memperhatikan kaitanya dengan bidang-bidang studi dari sub tema dikembangkan dengan aktivitas pembelajaran yang harus dilakukan siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:51 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20465 |
Actions (login required)
View Item |