Pengembangan Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Al-Furqan dan SMP Al-Baitul Amien Jember

M. T., Rahmi (2020) Pengembangan Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Al-Furqan dan SMP Al-Baitul Amien Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahmi M. T._0849317042.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Budaya Religius, Pembentukan Karakter, Karakter Siswa Sekolah sebagai tempat berkumpulnya peserta didik yang berpotensi memiliki latar belakang budaya yang variatif tentu mempunyai karakteristik yang berbeda pula, sehingga menjadi tugas sekolah mengakulturasi serta menambahkan kepercayaan diri terhadap budaya masing-masing peserta didik. Selain itu, hal ini juga memicu tumbuhnya budaya baru di sekolah dan inilah yang sering disebut budaya sekolah (school culture). Salah satu keunikan dan keunggulan sebuah sekolah adalah memiliki budaya sekolah yang kokoh, dan tetap eksis. Berbagai jenis budaya dapat dipelajari dan disimulasi di dalam sekolah, kendati demikian yang menjadi sorotan utama dewasa ini adalah budaya religius, di mana sekolah dibangun dengan nuansa-nuansa keagamaan. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk budaya religius dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Furqan dan SMP Al-Baitul Amin Jember?, 2) Bagaimana strategi pengembangan budaya religius dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Furqan dan SMP Al-Baitul Amin Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus yang bentuk desainnya multi situs dengan analisis komparatif konstan. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian menghasilkan kesimpulan beberapa bentuk budaya religius di SMP Al-Furqan yaitu: a) budaya salam dan berjabat tangan membentuk karakter cinta damai, b) shalat dhuha membentuk karakter religius dan disiplin, c) pembiasaan pagi membentuk karakter religius, d) kultum oleh siswa membentuk karakter mandiri dan komunikatif, e) shalat fardhu berjama’ah membentuk karakter religius dan disiplin, f) infaq rutin dan insidental membentuk karakter peduli sosial, g) puasa sunnah membentuk karakter religius, h) perayaan hari besar Islam membentuk karakter kreatif, i) syi’ar marhaban ya Ramadhan, j) Malam Binaan Iman Takwa membentuk karakter religius, k) zakat fitrah membentuk karakter peduli sosial, dan l) halal bihalal membentuk karakter cinta damai. Sedangkan bentuk budaya religius di SMP Al-Baitul Amien yaitu: a) budaya salam dan berjabat tangan membentuk karakter komunikatif dan cinta damai, b) shalat dhuha membentuk karakter religius, disiplin, dan mandiri, c) pembiasaan pagi membentuk karakter religius, disiplin dan mandiri, d) one day one hadits dan one day one ayat membentuk karakter religius, komunikatif, dan gemar membaca, e) shalat fardhu berjama’ah membentuk karakter religius, disiplin, dan mandiri, f) infaq rutin dan insidental membentuk karakter mandiri dan peduli sosial, g) puasa digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii sunnah membentuk karakter religius, h) perayaan hari besar Islam membentuk karakter religius, mandiri, dan kreatif, i) pesantren Ramadhan membentuk karakter religius, j) zakat fitrah membentuk karakter religius dan peduli sosial dan k) halal bihalal membentuk karakter cinta damai. Strategi pengembangan budaya religius di SMP Al-Furqan antara lain: a) sistem dari masjid menuju masjid, b) pembelajaran al-Qur’an metode Ummi, c) memotivasi siswa, d) integrasi dalam pembelajaran, e) melibatkan organisasi kesiswaan, f) memberikan reward dan punishment, g) memberi keteladanan, dan h) penggunaan simbol-simbol. Sedangkan strategi yang digunakan di SMP AlBaitul Amien Jember antara lain: a) pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati, b) pembinaan tilawah, c) mengawasi dan menilai aktivitas siswa, d) memotivasi siswa, e) melibatkan organisasi kesiswaan, f) memberikan reward dan punishment, g) memberikan keteladanan, dan h) penggunaan simbol-simbol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220316 Philosophy of Specific Cultures (incl. Comparative Philosophy)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item