Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa SD As Sunniyyah Full Day School Kencong-Jember.

Bilqis, Rizqiyah Ratu (2018) Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa SD As Sunniyyah Full Day School Kencong-Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZQIYAH RATU BALQIS_0849415003.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai, Pendidikan Karakter, Siswa. Berbicara soal pendidikan, maka hal yang paling mendasari dari sebuah proses yang bernama pendidikan adalah menanamkan nilai pendidikan karakter bagi para siswa yang terlibat di dalamnya. Sedangkan guru merupakan personalia penting dalam pendidikan karakter di sekolah. Sebagian besar interaksi yan terjadi di sekolah, adalah interaksi peserta didik dengan guru termasuk pula di SD As Sunniyyah Full Day School. Maka perlu adanya strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter pada siswa di SD As Sunniyyah Full Day School. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka fokus penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter religius siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter disiplin siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter jujur siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (4) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter peduli lingkungan siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (5) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter peduli sosial siswa di SD As Sunniyyah Full Day School. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter religius siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter disiplin siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (3) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter jujur siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (4) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter peduli lingkungan siswa di SD As Sunniyyah Full Day School (5) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter peduli sosial siswa di SD As Sunniyyah Full Day School Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumberdatanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi (pastisipasi aktif), wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis kualitatif deskriptif dengan komponen-komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode (teknik).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item