Pengaruh Pelatihan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Nasabah BTPN Syariah Sidoarjo).

Zulfikri, Robby Reza (2020) Pengaruh Pelatihan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Nasabah BTPN Syariah Sidoarjo). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROBBY REZA ZULFIKRI_0839217031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelatihan; Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan dan BTPN Syariah. BTPN Syariah salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia dalam prakteknya berdasarkan prinsip inklusi keuangan dengan menyediakan produk dan jasa keuangan kepada masyarakat terpencil yang belum terjangkau serta segmen masyarakat pra sejahtera. Selain menyediakan akses layanan keuangan kepada masyarakat tersebut, BTPN Syariah juga menyediakan pelatihan keuangan sederhana untuk membantu mata pencaharian nasabahnya agar dapat terus berlanjut serta membina masyarakat yang lebih sehat melalui program sumber daya-nya. Penelitian ini difokuskan untuk mengukur efektifitas program pelatihan keuangan sederhana dan wujud kualitas pelayanan dari BTPN Syariah terhadap loyalitas nasabah BTPN Syariah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh pelatihan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh pelatihan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan nasabah BTPN Syariah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Yang didapatkan dari random sampling dengan menggunakan teknik Slovin. Adapun responden dalam penelitian ini adalah Nasabah BTPN Syariah Sidoarjo yang sudah lebih dari 1 tahun menggunakan produk PMD. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden serta wawancara. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda serta uji f (simultan) dan uji t (parsial). Hasil pengujian menunjukkan bahwa pelatihan dan kualitas layanan yang diberikan oleh petugas BTPN Syariah Sidoarjo kepada seluruh nasabah mengenai bagaimana pengelolaan keuangan dan usaha yang baik berpengaruh secara siginifikan terhadap Loyalitas Pelanggan nasabah BTPN Syariah Sidoarjo. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari uji F yaitu Fhitung ≥ Ftabel (257,094 ≥ 3,09) dan uji T yang menunjukkan nilai signifikansi pada variabel pelatihan (X1) 0.005 dan pada variabel kualitas layanan (X2) 0.000 atau ≤ 0.05, sehingga pelatihan (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas pelanggan (Y) nasabah BTPN Syariah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id iv Sidoarjo dengan besar R square 0,841 atau 84.1%. Saran yang dapat penulis berikan bagi BTPN Syariah Sidoarjo, yaitu pihak BTPN Syariah untuk lebih bisa memberikan rewards terhadap nasabah yang sudah loyal serta kelompok sentra yang dinilai kompak dan tidak pernah mengalami kendala dalam mengangsur agar nasabah semakin loyal dan merekomendasikan produk PMD ini kepada tetangga atau saudaranya yang sedang membutuhkan modal usaha atau ingin merintis usaha baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20469

Actions (login required)

View Item View Item